Search

Trump Rayakan Hanukkah Orang Yahudi

INILAHCOM, Washington -- Sehari setelah mengumumkan pengakuan Pemerintah AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel, hari Kamis (07/12/2017) waktu Washington, atau hari Jumat (08/12/2017) dinihari WIB, Presiden AS Donald Trump menyelenggarakan perayaan Hanukkah, atau yang dikenal Festival Cahaya Yahudi (Jewish Festival of lights).

Dalam perayaan Hanukkah yang berlangsung di Gedung Putih itu, Trump kembali berbicara mengenai keputusannya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan segera memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Hanukkah sering disebut sebagai Natal Yahudi, tapi sebenarnya tidak demikian. Inti Festival Cahaya Yahudi (Hanukkah) adalah menghidupkan 8 lilin Chanukah selama 8 hari festival.

Meskipun Hanukkah bukan salah satu dari perayaan hari suci yang sakral dalam budaya Yahudi, namun Hanukkah masih dirayakan dengan makanan dan upacara tertentu.

Dalam perayaan ini, umat Yahudi berarakan sambil membawa tongkat berhiaskan daun palem, mempersembahkan kurban, dan bernyanyi dengan iringan alat musik.

Perayaan itu diselenggarakan Trump di tengah kecaman dunia atas keputusannya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Bahkan, kekerasan mulai meletus di Bethlehem, Ramallah, dan Yerusalem, termasuk aksi unjuk rasa di berbagai negara.

Isu pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel menjadi sorotan luas karena selama ini, Israel dan Palestina saling klaim Yerusalem sebagai ibu kota masing-masing negara.

Israel merebut Yerusalem saat perang Timur Tengah pada 1967. Namun masyarakat internasional tak mengakuinya.

Sejak Trump menjadi Presiden AS rencana pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel seringkali disampaikan. Juni lalu dia sempat menangguhkan dan Desember ini adalah batas waktu baginya untuk memutuskan.

UU Pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem diteken tahun 1995. Namun semua Presiden AS diberikan hak untuk menangguhkan setiap enam bulan sekali. Semua Presiden AS sebelumnya tidak berani menandatangani pemindahan tersebut. Pasalnya, isu ini sangat rawan yang bisa menyulut ketegangan baru di Timur Tengah. [lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Trump Rayakan Hanukkah Orang Yahudi : http://ini.la/2423294

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Rayakan Hanukkah Orang Yahudi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.