Search

Kecelakaan Kereta di Tacoma, Sedikitnya 6 Tewas

INILAHCOM, Seattle - Sedikitnya enam orang tewas dan puluhan luka-luka dalam kecelakaan kereta penumpang Amtrak yang terjadi tak jauh dari Kota Tacoma, Negara Bagian Washington, Senin (18/12/2017).

NBC news mengabarkan, Badan Keamanan Transportasi Nasional AS menjelaskan, pemerintah Federal tengah mengusut kasus kecelakaan yang terjadi tepat pada hari peresmian jalur baru. Belum jelas penyebab kecelakaan itu. Namun, pihak Amtrak, American Track memperkirakan "Kereta api cepat itu belum menggunakan teknologi pengontrol kecepatan, yang mampu mengendalikan kereta bila terlalu ngebut," kata sumber Amtrak.

Rangkaian kereta penumpang Amtrak nahas itu baru saja berangkat dari Seattle, Ibukota negara bagian Washington menuju Portland, kota terbesar di negara bagian Oregon. Saat melintas di Kota Tacoma, kereta berpenumpang 77 orang itu, berjalan dengan kecepatan tinggi di atas jembatan dan oleng sebelum jatuh ke bawah, menimpa sejumlah kendaraan di jalur macet pagi itu. "Kecepatan kereta saat itu sekitar 70 mil per jam," tutur Chris Kanes, seorang penumpang yang selamat.

Gerbong utama jatuh ke bawah menimpa sejumlah truk, kendaraan umum lainnya, sedangkan gerbong kedua menggantung di atas jembatan. "Pemandangannya cukup mengerikan, tapi tidak seorang penumpang kendaraan di bawah yang jadi korban," tutur Detektif Ed Troyer, jurubicara Kantor Kepolisian Pierce County.

Sejak itu, jalur baru Amtrak 501itu terpaksa dihentikan untuk sementara waktu. Padahal, jalur itu dibangun sebagai bagian dari proyek Program Pembangunan Cascades High-Speed bernilai US$800 juta. Jalur baru bernama Bypass Point Defiance itu merupakan jalur berpemandangan indah di Puget Sound yang dikenal berkelok-kelok. Sebelumnya jalur itu adalah jalur kereta barang dan transportasi militer yang kemudian diambil alih oleh perusahaan transportasi lokal SoundTransit.

Jalur Puget Sound memang dikenal rawan. Sebelumnya kereta Amtrak juga pernah mengalami keluar rel. Peristiwa kali ini, merupakan kecelakaan kereta terburuk setelah peristiwa 12 Mei 2015 ketika kereta Amtrak mengalami kecelakaan sama di Philadelphia, Pennsylvania yang menelan korban 8 orang dan melukai 200 korban.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kecelakaan Kereta di Tacoma, Sedikitnya 6 Tewas : http://ini.la/2425287

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kecelakaan Kereta di Tacoma, Sedikitnya 6 Tewas"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.