Search

China Kecam AS Karena Dianggap Egois

INILAHCOM, Beijing - Pemerintah China mengecam pidato Presiden AS Donald Trump yang menyebut China dan Rusia sebagai rival AS.

Kantor berita Xinhua mengabarkan hal itu Selasa (19/12/2017). "Kami mengimbau AS berhenti mengganggu China dan meninggalkan mental Perang Dingin," kata Hua Chunying, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China. "Hal itu melukai pihak lain dan merusak diri sendiri," tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kedutaan Besar China di Washington DC. "Mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan negara lain dan komunitas internasional merupakan tindakan egois," bunyi pernyataan Kedubes China. Lebih lanjut pernyataan resmi itu menyebutkan bahwa China bersedia beramai dengan semua negara. "AS seharusnya juga mengadaptasi dan menerima perkembangan yang telah dialami China," tambah pernyataan itu.

Sejumlah pejabat tinggi AS merasa risi dengan meningkatnya kegiatan militer China. Belakangan, China malah melanjutkan pembangunan dermaga militer di kawasan Laut China Selatan. AS juga melihat inisiatif Presiden Xi Jinping yang membangun jalur kereta api dan infrastruktur di Asia ke Eropa dan Afrika, merupakan upaya China mengikis pengaruh AS. China bahkan diyakini mencoba membangun struktur politik di Asia.

Karena itulah, Trump menjalin kerjasama militer dengan Taiwan, melalui pakta kerjasama militer yang ditanda tangani bulan ini. Armada kapal perang AS dikirim untuk melakukan kunjungan ke Taiwan. Hal itu, membuat Beijing semakin sakit hati, dan mengeluarkan ancaman keras bakal melancarkan aksi militer ke Taiwan.

Senin kemarin, pesawat tempur China terbang di sekitar Taiwan untuk menguji coba kesiapan melakukan pertempuran di laut. Kementerian pertahanan Taiwan menyebutkan, Jepang juga mengirim pesawat jet tempurnya untuk melacak pesawat militer China itu.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan China Kecam AS Karena Dianggap Egois : http://ini.la/2425603

Bagikan Berita Ini

0 Response to "China Kecam AS Karena Dianggap Egois"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.