Search

Dor! Tentara Israel Tembak Mati 4 Palestina

INILAHCOM, Jalur Gaza -- Empat orang Palestina tewas dan ratusan lainnya luka-luka pada hari Jumat (15/12/2017) waktu setempat dalam kekerasan di wilayah Palestina.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan dua kematian terjadi di perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza dalam bentrokan dengan tentara Israel.

Insiden ketiga terjadi di utara Yerusalem. "Dia ditembak dadanya oleh pasukan Israel," kata pernyataan Kesehatan Palestina.

Polisi mengatakan orang Palestina keempat tewas setelah menikam seorang petugas polisi perbatasan Israel di dekat pos pemeriksaan di pinggiran Ramallah.

Sehari setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israelhari Rabu (06/12/2017), kekerasan dan kerusuhan pecah di berbagai wilayah Palestina, termasuk saling serang antara pasukan Hamas dan pasukan Israel.

Isu pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel menjadi sorotan luas karena selama ini, Israel dan Palestina saling klaim Yerusalem sebagai ibu kota masing-masing negara.

Israel merebut Yerusalem saat perang Timur Tengah pada 1967. Namun masyarakat internasional tak mengakuinya.

Sejak Trump menjadi Presiden AS rencana pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel seringkali disampaikan. Juni lalu dia sempat menangguhkan dan Desember ini adalah batas waktu baginya untuk memutuskan.

UU Pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem diteken tahun 1995. Namun semua Presiden AS diberikan hak untuk menangguhkan setiap enam bulan sekali. Semua Presiden AS sebelumnya tidak berani menandatangani pemindahan tersebut. Pasalnya, isu ini sangat rawan yang bisa menyulut ketegangan baru di Timur Tengah. [lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Dor! Tentara Israel Tembak Mati 4 Palestina : http://ini.la/2424703

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dor! Tentara Israel Tembak Mati 4 Palestina"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.