Search

Wanita Thailand Dapat Jenderal Bintang Khusus

INILAHCOM, Bangkok -- Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya mungkin salah satu wanita beruntung di dunia. Belum setahun mendapat pangkat "jenderal empat bintang", kini ia dipromosikan oleh Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun, menjadi "jenderal bintang empat khusus".

Kenaikan pangkat itu -- yang diumumkan oleh buletin resmi kerajaan, The Royal Gazette, pada 13 Desember dan mulai tersebar hari ini -- merupakan lompatan besar bagi Suthida.

Menurut data Royal Gazette, yang dikutip dari BBC, Suthida hanya membutuhkan waktu empat tahun untuk naik pangkat dari letnan kolonel menjadi jenderal empat bintang, dan semuanya diputuskan oleh raja.

Pada 13 Oktober 2017 -- saat mengenang satu tahun ayahnya -- Raja Maha Vajiralongkorn juga menganugerahkan gelar kehormatan kepada Suthida, yaitu Dame Grand Cross (First Class) of The Most Illustrious Order of Chula Chom Klao atau Than Phu Ying.

Dia merupakan perwira perempuan pertama yang meraih gelar itu sejak tahun 2004 dan yang pertama di bawah kekuasaan Raja Rama X, gelar untuk Maha Vajiralongkorn yang menggantikan ayahnya, Bhumibol Adulyadej atau Raja Rama IX, yang wafat 13 Oktober 2016.

Situs Wikipedia menulis Suthida bekerja sebagai pramugari Thai Airways sebelum ditunjuk sebagai komandan pengawal kediaman putra mahkota, Pangeran Vajiralongkorn, pada Agustus 2014.

Laporan-laporan menyebutkan setelah bercerai dengan istrinya, Srirasmi Suwadee, Pangeran Vajiralongkorn menjalin hubungan asmara dengan Suthida.

Media-media asing pada Oktober 2016 sempat pula memberitakan Suthida disiapkan sebagai "istri" raja walau kerajaan tidak pernah menyatakan hubungan antara keduanya. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Wanita Thailand Dapat Jenderal Bintang Khusus : http://ini.la/2424904

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wanita Thailand Dapat Jenderal Bintang Khusus"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.