Search

TKI di Suriah Akan Dipulangkan ke Indonesia

INILAHCOM, Damaskus-- Terdapat sekitar 2.000 tenaga kerja Indonesia (TKI) di Suriah, yang sedang dilanda perang. Padahal, sejak tahun 2015pengiriman TKI ke Timur Tengahtermasuk Suriah-- sudah dihentikan.

Sekretaris Utama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Hermono mengatakan berapa pun jumlahnya, Pemerintah Indonesia bertekad memulangkan seluruh tenaga kerja ilegalnya dari Suriah.

Diakuinya tekad itu tidak mudah diwujudkan dalam tempo segera karena pihak KBRI tidak mengetahui keberadaan mereka secara pasti dan mereka pun tidak bisa menghubungi KBRI atas alasan keamanan atau karena larangan dari majikan.

Sebelum perang, para TKI, pada umumnya tenaga kerja wanita (TKW), agak mudah dijumpai di tempat-tempat keramaian bersama majikan mereka. Tapi, sekarang ini berbeda.

"TKW dalam masyarakat Arab jelas dalam lingkungan privat sekali di dalam rumah dan masyarakat tertutup, tidak seperti kita. Jadi, akses ke dalam itu susah komunikasinya," jelas M. Ahsin Mahrus, seorang mahasiswa Indonesia yang telah belajar di Damaskus selama sekitar 10 tahun terakhir.

"Sekarang jumlahnya jauh berkurang dibanding tahun-tahun sebelum konflik. Jauh. Paling sekarang kalau kita ke pusat perbelanjaan, kita lihat satu atau dua orang. Tidak seperti dulu yang cukup banyak," tambahnya. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan TKI di Suriah Akan Dipulangkan ke Indonesia : http://ift.tt/2COTx2v

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TKI di Suriah Akan Dipulangkan ke Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.