Search

Serangan di Gereja Dagestan, Rusia, 5 Tewas

INILAHCOM, Dagestan -- Lima perempuan tewas dalam insiden penembakan di sebuah gereja di republik Dagestan, salah-satu republik di bawah federasi Rusia.

Lima orang lainnya, termasuk seorang perwira polisi, terluka, kata sejumlah pejabat Rusia, seperti dikutip dari BBC, Senin (19/2).

Seorang pria melepaskan tembakan ke arah orang-orang yang baru saja meninggalkan gereja di kota Kizlyar, Dagestan.

Pelaku penyerang kemudian ditembak mati di lokasi kejadian. Dia diidentifikasi sebagai Khalil Khalilov, berusia 22 tahun, warga Dagestan.

Kelompok Negara Islam atau dahulu menyebut sebagai ISIS menyatakan bahwa mereka berada di balik serangan tersebut.

Pria bersenjata itu, yang menggunakan senapan berburu, melepaskan tembakan ke arah para jemaat gereja yang baru saja menunaikan ritual layanan selama perayaan Maslenitsa -- sebuah festival yang digelar menjelang tradisi puasa, demikian laporan media Rusia.

Empat perempuan terbunuh di lokasi kejadian, dan seorang perempuan lainnya meninggal di rumah sakit.

Media RBK Daily, yang mengutip keterangan seorang pendeta Ortodoks, melaporkan serangan tersebut terjadi tidak lama setelah kebaktian sore.

"Kami baru saja menyelesaikan misa dan mulai meninggalkan gereja. Sekonyong-konyong seorang pria berjenggot berlari ke arah gereja seraya meneriakkan 'Allahu Akbar' dan melepaskan tembakan yang menewaskan empat orang," kata pastur tersebut.

"Dia membawa senapan panjang dan pisau," tambahnya.

Melalui media resmi Amag, kelompok yang menyebut dirinya sebagai ISIS ini mengatakan bahwa salah-seorang "tentaranya" merupakan pelaku serangan tersebut.

Namun demikian, tidak ada bukti-bukti yang mengarah pada klaim tersebut.

Kelompok ini mengklaim bahwa serangan itu dilakukan atas nama perwakilan mereka di wilayah yang disebut sebagai "Provinsi Kaukasus", yaitu didirikan pada 2015.

Perwakilan kelompok ini di wilayah itu selalu mengklaim sebagai pelaku sejumlah serangan mematikan terhadap petugas keamanan di Dagestan.

Dagestan, yang terletak di wilayah Kaukasus dan merupakan salah-satu republik di bawah federasi Rusia, memilik keragaman etnik dan warganya mayoritas menganut Islam. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Serangan di Gereja Dagestan, Rusia, 5 Tewas : http://ift.tt/2ED3fq7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serangan di Gereja Dagestan, Rusia, 5 Tewas"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.