Search

Mullah Manan, Pemimpin Taliban Afghanistan Tewas

INILAHCOM, Kabul--Salah seorang pucuk pimpinan Taliban di Afghanistan tewas dalam serangan udara yang dilancarkan oleh Amerika Serikat. BBC melaporkan, Senin (3/12/2018).

Mullah Abdul Manan menjadi komandan militer Taliban di Afghanistan selatan dan memimpin pemerintah bayangan di Provinsi Helmand.

Dia tewas di distrik Nawzad di Helmand pada Sabtu malam, kata seorang pejabat provinsi.

Taliban mengatakan kematian Mullah Manan merupakan "kerugian besar", tetapi itu tidak akan menghalangi upaya mereka kembali berkuasa di Afghanistan.

Tetapi juru bicara Kementerian dalam negeri Afghanistan, Najib Danish mengatakan kepada Kantor berita AFP bahwa kematiannya merupakan pukulan besar bagi Taliban dan akan "menurunkan moral" para pejuangnya di Afghanistan selatan.

Provinsi Helmand merupakan lokasi penempatan pasukan Inggris selama delapan tahun sebelum pasukannya ditarik pada 2014.

Sebagian besar wilayah provinsi itu saat ini kembali di bawah kendali Taliban.

Penelitian BBC awal tahun ini mengungkapkan gerilyawan Taliban menguasai lebih banyak kawasan di negara itu semenjak 2014.

Diperkirakan ada sekitar 15 juta orang--separuh penduduk Afghanistan--yang hidup di wilayah yang dikuasai Taliban atau di mana para pejuangnya memperlihatkan diri secara terbuka dan secara teratur melakukan serangan.

Namun demikian, ada upaya intensif membujuk Taliban agar bersedia memulai pembicaraan damai untuk mengakhiri pertempuran.

Upaya ini sudah dimulai dengan pengiriman delegasi Taliban ke pertemuan di Rusia bulan lalu untuk membahas masalah ini, tetapi menolak untuk mengadakan pembicaraan langsung dengan pemerintah Afghanistan. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Mullah Manan, Pemimpin Taliban Afghanistan Tewas : https://ift.tt/2AKmCwO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mullah Manan, Pemimpin Taliban Afghanistan Tewas"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.