Search

Data 1.000 Pembelot Korea Utara Diretas

INILAHCOM, Seoul--Hampir 1.000 pembelot Korea Utara menemukan bahwa data pribadi mereka dibocorkan setelah sebuah komputer di pusat pemukiman kembali Korea Selatan diretas, demikian dilaporkan kementerian penyatuan kembali.

Sebuah komputer pribadi kantor pemerintah ditemukan "terinfeksi sebuah kode jahat".

Kementerian menyatakan ini diduga adalah tahap pertama pembocoran informasi berskala besar yang melibatkan para pembelot Korea Utara.

Jati diri dan asal peretas serangan siber ini masih belum dapat dipastikan.

Pusat pemukiman kembali Gyeongsang Utara adalah satu dari 25 tempat yang dijalankan kementerian untuk membantu 32.000 pembelot yang sedang menyesuaikan diri dengan kehidupan di Korea Selatan.

Pemerintah Korea Utara tidak mengetahui jati diri semua warga yang membelot. Sebagian dari mereka dikelompokkan dalam kasus "orang hilang" atau mereka kemungkinan tercatat sebagai telah meninggal.

Sekitar 997 pembelot Korea Utara sekarang diberitahu bahwa nama, tanggal lahir dan alamat mereka telah dibocorkan, tetapi belum jelas apa dampak kebocoran ini.

Para pengamat mengatakan muncul sejumlah kekhawatiran bahwa pembocoran ini dapat membahayakan keluarga pembelot yang masih tinggal di Korea Utara.

Kementerian unifikasi menyatakan tidak terjadi peretasan komputer pada pusat Hana lainnya di negara itu.

Seorang ahli serangan siber Korea Utara, Simon Choi, meyakini kemungkinan ini untuk pertama kalinya pusat Hana diretas.

"(Terdapat sebuah kelompok peretasan Korea Utara yang) terutama menyasar masyarakat pembelot Korea Utara...kami menyadari bahwa (kelompok ini) berusaha meretas pusat Hana tahun lalu," katanya kepada BBC.

Meskipun demikian, dia menambahkan masih belum jelas apakah terdapat kelompok Korea Utara yang bertanggung jawab atas serangan terbaru.

Kementerian dan polisi saat ini sedang melakukan penyelidikan. Pihak kementerian menyatakan pihaknya akan "berusaha sebaik-baiknya untuk mencegah terulangnya kejadian sejenis". [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Data 1.000 Pembelot Korea Utara Diretas : http://bit.ly/2Slf2R2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Data 1.000 Pembelot Korea Utara Diretas"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.