Search

Assange Bebas Keluar Kedubes Ekuador di London

INILAHCOM, Quito--Presiden Ekuador Lenin Moreno mengatakan, pendiri WikiLeaks, Julian Assange "bebas dengan aman" meninggalkan Kedutaan Besar Ekuador di London, Inggris. Assange telah menetap selama enam tahun guna menghindari penangkapan oleh polisi Inggris dan kemungkinan diekstradisi.

Berbicara dalam wawancara media, seperti dilaporkan VOA, Jumat (7/12/2018), Moreno mengatakan, dia telah menerima jaminan tertulis dari Inggris bahwa Assange dapat meninggalkan gedung kedutaan dengan aman. Moreno tidak mengatakan, apakah Assange akan dipaksa keluar dari kedutaan itu.

Assange minta suaka di Kedutaan Besar Ekuador pada 2012 ketika menghadapi tuduhan kejahatan seksual di Swedia. Assange mengatakan, dia tadinya khawatir dakwaan itu mungkin digunakan untuk mengekstradisinya ke AS, di mana dia dituduh membocorkan rahasia intelijen AS melalui situs WikiLeaks.

Penyelidikan di Swedia kemudian dibatalkan, dan Ekuador mengatakan tidak ada permintaan ekstradisi yang diajukan terhadap Assange.

Moreno mengatakan, Inggris telah memberi jaminan kepada dia bahwa Inggris tidak akan mengekstradisi seseorang ke negara di mana jiwanya akan terancam. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Assange Bebas Keluar Kedubes Ekuador di London : https://ift.tt/2UnMzev

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Assange Bebas Keluar Kedubes Ekuador di London"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.