Search

Putra Mahkota Saudi Dukungan Penuh Keamanan Irak

INILAHCOM, Baghdad - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman menawarkan bantuan dukungan secara penuh untuk keamanan berkelanjutan di Irak. Hal itu dia katakan langsung kepada Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi melalui percakapan telepon pada Kamis (24/1/2019).

Kedua negara berselisih sejak Irak melakukan invasi di Kuwait pada 1990 silam. Percakapan itu merupakan indikasi terbaru dalam upaya memperbaiki hubungan tersebut, yang dimulai dengan membuka kembali kedutaan besar Arab Saudi di Baghdad pada 2016.

"Yang Mulia menyatakan dukungan penuh Kerajaan Arab Saudi untuk Irak dan dukungannya untuk keamanan dan kemakmuran Irak secara permanen," demikian pernyataan kantor Perdana Menteri Irak, seperti dilansir Reuters.

'Rayuan' Arab Saudi terhadap Baghdad merupakan bagian dari upaya gabungan dengan AS untuk menghentikan pengaruh Iran yang sedang berkembang di kawasan, sementara Irak mencari keuntungan ekonomi dari hubungan yang lebih erat dengan Riyadh.

Berdasarkan pernyataan tersebut, perdana menteri Irak menyambut perkembangan hubungan tersebut.

Pada Oktober 2017, dua bulan menjelang deklarasi kemenangan Irak atas ISIS, sejumlah negara membangun Dewan Koordinasi Bersama Irak-Saudi, guna membantu membangun kembali wilayah-wilayah yang hancur yang direbut kembali dari ISIS di Irak.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Putra Mahkota Saudi Dukungan Penuh Keamanan Irak : http://bit.ly/2B1ftJs

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Putra Mahkota Saudi Dukungan Penuh Keamanan Irak"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.