Search

PM Kanada Kecam China

INILAHCOM, Ottawa--Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan sangat prihatin karena China telah memilih untuk "secara sewenang-wenang" melakukan hukuman mati terhadap seorang warga negara Kanada. VOA melaporkan, Selasa (15/1/2019).

Pernyataan ini adalah yang paling keras yang disampaikan Trudeau menghadapi sikap China. Trudeau menambahkan bahwa ia "sangat prihatin, sebagaimana juga semua negara di seluruh dunia" karena China memilih menerapkan sistem hukumnya secara sewenang-wenang dan pilihan itu tidak menghormati praktik kekebalan politik yang sudah dikenal sejak lama.

Pengadilan China memvonis hukuman mati terhadap seorang warga Kanada, Robert Lloyd Schellenberg pada Senin (14/1/2019) yang didakwa menyelundupkan narkoba.

Keputusan itu agaknya makin memperburuk hubungan yang telah tegang antara Kanada dan China atas apa yang tampaknya merupakan langkah pembalasan yang diambil oleh China, setelah pihak berwenang Kanada menangkap seorang eksekutif perusahaan teknologi China.

Meng Wanzhou, pejabat eksekutif keuangan perusahaan Huawei, ditangkap di Vancouver pada 1 Desember atas permintaan AS, yang mengusahakan ekstradisinya atas dugaan pelanggaran sanksi perdagangan AS terhadap Iran. Menyusul penangkapan itu, China menahan dua warga Kanada di China atas tuduhan terkait keamanan nasional. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan PM Kanada Kecam China : http://bit.ly/2QOjg1O

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PM Kanada Kecam China"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.