Search

Belum Ada Tanda-tanda Shutdown AS Berakhir

INILAHCOM, Washington DC--Penghentian sebagian operasi pemerintah federal AS (shutdown), yang sudah memsuki hari ke-30--terlama dalam sejarah AS--belum ada tanda-tanda akan berakhir, setelah Ketua DPR Nancy Pelosi menolak kompromi yang diajukan Presiden Donald Trump.

VOA melaporkan, Senin (21/1/2019), Trump telah menawarkan kompromi atas dua program yang sejak dulu hendak dihapus pemerintah: Deffered Action for Childhood Arrivals (DACA), yakni program yang memungkinkan anak-anak imigran gelap yang dulu masuk tanpa dokumen, untuk tinggal dan bekerja di AS, dan Temporary Protected Status TPS, yaitu status perlindungan sementara bagi para imigran dari beberapa negara Amerika Latin dan Afrika.

UU Bridge yang bipartisan akan memungkinkan 740.000 imigran yang masuk ke AS secara ilegal ketika masih anak-anak--yang dijuluki "Dreamers"--untuk mempertahankan izin kerja dan menunda deportasi selama tiga tahun lagi jika izin mereka dicabut. Sebagai imbalannya, Trump menuntut anggaran US$5,7 miliar untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan selatan AS-Meksiko.

Langkah Pelosi yang menolak usulan kompromi itu membuat Trump marah dan mengecam Ketua DPR AS dari Partai Demokrat tersebut.

"Nancy Pelosi dan beberapa petinggi Demokrat menolak tawaran saya kemarin, bahkan sebelum saya berbicara. Mereka tidak melihat terjadinya kejahatan dan narkoba, mereka hanya melihat tahun 2020--yang tidak akan mereka menangkan. Ekonomi terbaik!," cuit Trump di Twitter hari Minggu (20/1/2019) waktu setempat, merujuk pada pemilihan presiden tahun depan.

"Mereka harus melakukan hal yang benar untuk negara dan memungkinkan orang kembali bekerja," tambahnya.

Pelosi, pemimpin mayoritas DPR dari faksi Demokrat, menyebut usul itu "non-starter", bahkan sebelum Trump bicara.

Pemimpin mayoritas Senat dari faksi Republik Mitch McConnell mengatakan berencana membawa usul Trump ke majelisnya beberapa hari mendatang, meskipun ia tetap akan membutuhkan dukungan faksi Demokrat untuk mendapatkan persetujuan penuh. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Belum Ada Tanda-tanda Shutdown AS Berakhir : http://bit.ly/2W3gOIG

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Belum Ada Tanda-tanda Shutdown AS Berakhir"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.