Search

AS Tekan PBB Akui Guaido Pemimpin Veneuela

INILAHCOM, New York--Wakil presiden AS Mike Pence menyerukan PBB untuk mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai pemimpin sah negara itu. Demikian laporan VOA, Kamis (11/4/2019).

Pada sidang Dewan Keamanan PBB yang diminta AS, Rabu (10/4/2019) waktu setempat, Pence mengatakan,"Walaupun lembaga internasional lainnya sudah bertindak, PBB dan Dewan Keamanan tidak mau bertindak."

Dia menambahkan, sudah waktunya bagi PBB mengakui presiden interim Venezuela Juan Guaido sebagai presiden sah negara itu dan mendudukkan wakilnya di lembaga ini. Lembaga ini seharusnya mencabut kredensi (surat-surat kepercayaan) wakil Venezuela untuk PBB, mengakui Presiden interim Juan Guaido dan mendudukkan wakil pemerintah rakyat Venezuela yang merdeka di lembaga ini tanpa buang-buang waktu.

Pence mengatakan, AS sedang menyusun rancangan resolusi untuk diajukan kepada PBB agar mengakui keabsahan pemerintahan Juan Guaido dan mendesak masyarakat internasional mengakuinya.

Pence menegaskan kembali AS terus melakukan tekanan diplomatik dan ekonomi untuk melahirkan peralihan damai menuju demokrasi di Venezuela, tetapi semua opsi tetap terbuka.

Namun, Duta Besar Venezuela untuk PBBm Samuel Moncada mengemukakan pertanyaan "atas dasar hukum apa semua opsi tetap terbuka? Atas dasar hukum apa satu negara bisa mengancam satu negara lain dengan perang?"

Moncada mengulangi bahwa usaha Washington mengirim bantuan kemanusiaan ke negaranya adalah dalih untuk melakukan invasi militer dan berseru kepada AS untuk mencabut sanksi jika AS benar-benar peduli pada bangsa Venezuela.

"Kami tidak meminta pemberian atau uang dari siapa pun, kami punya uang sendiri," kata Moncada. Tetapi, tambahnya, pemerintahan Donald Trump menteror pelaku ekonomi, pedagang dan lembaga-lembaga internasional supaya tidak menjual jasa mereka kepada Venezuela. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan AS Tekan PBB Akui Guaido Pemimpin Veneuela : http://bit.ly/2UKAUK6

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Tekan PBB Akui Guaido Pemimpin Veneuela"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.