Search

Tagar 'Justice for Adelina' Ramai di Malaysia

INILAHCOM, Kuala Lumpur--Putusan Pengadilan Tinggi Pulau Penang, Malaysia, yang membebaskan seorang perempuan yang diduga menyiksa tenaga kerja asal Indonesia bernama Adelina Sau sampai meninggal dunia ramai ditanggapi oleh warganet Malaysia. Salah satunya lewat kemunculan sebuah petisi online dan tagar #JusticeforAdelina.

Pengadilan Tinggi Malaysia, sebagaimana dilaporkan laman Free Malaysia Today, membebaskan Ambika MA Shan dari semua gugatan pada 18 April 2019 sesuai dengan permintaan dari pihak kejaksaan.

Di media sosial, beredar petisi online dari Change.org yang mempertanyakan,"kenapa penyiksanya bebas? Warga Malaysia menuntut #KeadilanuntukAdelina."

Sampai berita ini ditulis, demikian BBC, Selasa (23/4/2019), petisi online yang dimulai oleh lembaga pelindung pekerja migran di Malaysia, Tenaganita, itu sudah ditandatangani lebih dari 10.000 orang dari targetnya mencapai 15.000 orang.

Tautan ke petisi tersebut disebar oleh warganet Malaysia, salah satunya oleh selebritas Nur Fazura dengan lebih dari 1,5 juta pengikut di media sosial. Dia menulis,"Kekejaman tak punya tempat di dunia ini".

Berita tentang keputusan bebas atas Ambika yang mempekerjakan Adelina juga dibahas oleh warganet Malaysia. Ada yang menulis,"Kami, warga Malaysia, dengan rendah hati memohon maaf atas para pembunuh itu."

Warganet lain menulis,"Saya pikir semua warga Malaysia harus marah atas putusan bebas ini!"

Sementara itu, warganet Malaysia lain meminta agar wartawan menulis Adelina sebagai "pekerja domestik". "Beberapa laporan media menggunakan istilah "amah" dan "maid" (pembantu) untuk menyebutnya. Kata-kata ini punya dampak langsung terhadap bagaimana kita memperlakukan pekerja domestik."

Sebelumnya, Ambika digugat dengan Pasal 302 Hukum Pidana Malaysia yang memuat ancaman hukuman mati setelah diduga menyiksa Adelina--seorang tenaga kerja wanita asal Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Adelina, yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga di rumah Ambika, mengalami kurang gizi dan luka-luka parah saat ditemukan tim investigasi yang diutus anggota parlemen Malaysia, Steven Sim, pada 10 Februari 2018, setelah mendapat pengaduan dari tetangga majikan Adelina.

Perempuan itu hampir tidak bisa berjalan dan diduga dipaksa tidur di beranda bersama anjing majikannya.

Adelina meninggal di rumah sakit di Bukit Mertajam, Penang, Malaysia, pada keesokan harinya, 11 Februari 2018. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Tagar 'Justice for Adelina' Ramai di Malaysia : http://bit.ly/2IP9gVR

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tagar 'Justice for Adelina' Ramai di Malaysia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.