Search

900 Juta DPT, Pemilu India Terbesar di Dunia

INILAHCOM, New Delhi--Sejak Kamis (11/4/2019) pagi puluhan juta pemilih menuju tempat pemungutan suara (TPS) pada tahap pertama pemilu India.

Ratusan orang sudah terlihat mengantre di luar TPS. Bahkan, di negara bagian Assam, antrean pemilih telah terbentuk hampir satu jam sebelum pemilu digelar.

Pemilu majelis rendah parlemen kali ini terbagi ke dalam tujuh tahap yang bergulir hingga 19 Mei. Adapun penghitungan suara baru mulai dilakukan pada 23 Mei mendatang.

Secara keseluruhan terdapat 900 juta daftar pemilih tetap (DPT) sehingga menjadikan pemilu India sebagai pemilu terbesar di dunia.

Luar biasa besar. Sekitar 900 juta orang di atas usia 18 tahun itu terdaftar sebagai pemilih pada 1 juta TPS.

Untuk mencapai sebuah TPS, menurut aturan pemilu India, seorang pemilih tidak boleh bepergian lebih dari 2 kilometer.

Karena jumlah pemilih yang sedemikian besar, pemilu berlangsung dalam tujuh tahap antara 11 April sampai 19 Mei.

Pada Kamis (11/4/2019), negara bagian yang mendapat giliran menggelar pemilu mencakup Andhra Pradesh, Arunachal Pradesh, Assam, Bihar, Chhattisgarh, Jammu dan Kashmir, Maharashtra, Manipur, Meghalaya, Mizoram, Nagaland, Odisha, Sikkim, Telangana, Tripura, Uttar Pradesh, Uttarakhand, West Bengal, Kepulauan Andaman dan Nicobar dan Lakshadweep.

Pemilu di sejumlah negara bagian, seperti Andhra Pradesh dan Nagaland, dijadwalkan selesai dalam satu hari. Namun, negara bagian lainnya, semisal Uttar Pradesh, menggelar pemilu dalam beberapa tahap.

Pada pemilu lalu, persentase pemilih yang memberikan suara mereka mencapai 66%.

Partai nasionalis pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi, Bharatiya Janata Party (BJP), merupakan partai berkuasa setelah menang telak pada pemilu 2014 lalu.

BJP telah berupaya untuk kembali menguasai suara mayoritas. Lok Sabha atau majelis rendah parlemen India memiliki 543 kursi sehingga partai atau koalisi manapun harus menguasai minimal 272 kursi untuk membentuk pemerintahan.

Upaya BJP menghadapi tantangan dari partai-partai daerah dan Partai Kongres pimpinan Rahul Gandhi.

Rahul Gandhi sendiri adalah bagian dari keluarga dinasti politik.

Ayahnya, neneknya, dan kakek buyutnya adalah mantan perdana menteri India. Adik perempuannya, Priyanka Gandhi, secara resmi bergabung ke dunia politik praktis pada Januari lalu. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 900 Juta DPT, Pemilu India Terbesar di Dunia : http://bit.ly/2Uc0KSK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "900 Juta DPT, Pemilu India Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.