Search

Ketegangan Baru Taiwan dan Cina

INILAHCOM, Jakarta--Taiwan mengerahkan pesawatnya untuk membayang-bayangi jet-jet tempur angkatan udara Cina yang terbang melintasi Saluran Bashi ke sebelah selatan pulau tersebu. Peristiwa terbaru itu semakin menambah ketegangan antara Taipei dan Beijing.

Cina mengerahkan sejumlah pesawat pembom Xian H-6, jet-jet tempur Su-30 dan pesawat transportasi Y-8, kata Kementerian Pertahanan Taiwan. Mereka diikuti oleh jet-jet Taiwan sampai pesawat China kembali ke pangkalan, katanya dalam sebuah pernyataan. Demikian Reuters yang dikutip dari VOA, Selasa (27/3).

Taiwan pada 21 Maret mengirim kapal-kapal dan pesawat untuk mengawasi sebuah armada kapal induk yang melintasi Terusan Taiwan yang sempit. Taiwan adalah salah satu isu China yang paling sensitif dan berpotensi menjadi sumber konflik militer.

Pergerakan militer Cina itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Beijing dan pulau yang otonom itu dan menyusul peringatan keras oleh Presiden Cina Xi Jinping terhadap upaya separatisme Taiwan.

Cina mengklaim Taiwan sebagai miliknya dan menganggap pulau itu sebagai provinsi yang terpisah daratan. Xi mengatakan pekan lalu Taiwan akan menghadapi "hukuman sejarah" apabila melakukan upaya separatisme.

Taiwan mengatakan Cina telah meningkatkan latihan-latihan militer di sekitar pulau itu dalam setahun belakangan. Meskipun Cina berkeras tidak ada niatan bermusuhan, aktivitasnya di sekitar Taiwan, dan di jalur air Laut Cina Selatan yang sibuk, telah menyebabkan ketegangan di kawasan itu dan di AS.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Alex Wong membuat marah Beijing dalam lawatan baru-baru ini ke Taiwan dengan mengatakan komitmen AS ke pulau itu lebih kuat dari sebelumnya. Beijing sudah marah karena sebuah UU yang ditandatangani dua pekan lalu oleh Presiden AS Donald Trump yang menganjurkan AS mengirim para pejabat senior ke Taiwan untuk bertemu rekan-rekan setara mereka, dan sebaliknya. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Ketegangan Baru Taiwan dan Cina : https://ift.tt/2I6h6qk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketegangan Baru Taiwan dan Cina"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.