Search

Investigasi Mafia, Jurnalis India Dilindas Truk

INILAHCOM, Jakarta - Sebuah video hasil tangkapan kamera CCTV di jalan raya menjadi viral. Video tersebut memperlihatkan seorang jurnalis senior India terlindas truk saat mengendarai motornya.

Video tangkapan CCTV itu tertanggal 26 Maret 2018 pukul 09.00 pagi waktu setempat dan berlokasi di kota Bind yang berjarak sekitar 500 km dari Bhopal, ibukota negara bagian Madhya Pradesh. Dalam video tersebut tampak Sandeep Sharma, seorang jurnalis senior yang bekerja untuk salah satu televisi nasional India, mengendarai sepeda motornya dan tiba-tiba sebuah truk menyalip, lalu melindasnya.

Sandeep Sharma yang berusia 35 tahun tersebut kemudian tewas di tempat. Mengutip situs NDTV dan beberapa media ternama India, insiden tragis yang menimpa Sandeep diduga kuat terkait dengan reportase yang sedang dikerjakan Sandeep terkait kegiatan mafia perdagangan pasir di wilayah itu. Dugaan ini mengemuka karena beberapa hari sebelumnya Sandeep melapor ke pihak kepolisian negara bafian Madhya Pradesh karena ancaman pembunuhan yang dialamatkan kepadanya.

Kecelakaan yang menimpa ayah dua anak tersebut hanya berlangsung beberapa meter dari kantor polisi tempat dia melaporkan ancaman yang diterimanya. Sandeep memang sedang aktif mengerjakan sebuah reportase investigasi tentang dugaan keterkaitan dukungan polisi atas perdagangan pasir ilegal yang dilakukan oleh mafia setempat.

Sandeep diketahui pernah mencuitkan sesuatu terkait reportasenya yang berbunyi, "... pemerintah negara bagian tidak berdaya dan hanya duduk sambil memejamkan mata mereka."

Video yang pertama kali diunggah akun Twitter resmi kantor berita Asia News International (ANI) itu telah di-retweet sebanyak 2.057 kali dan ditonton sebanyak 104ribu kali. Video itu kemudian menyebar dan juga turut diunggah oleh berbagai kantor berita lainnya.

Warganet pun bereaksi keras atas video tersebut. Kebanyakan reaksi mereka bernada mengecam dan mengatakan bahwa tewasnya Sandeep adalah bentuk korupnya sistem hukum di India.

"Sekarang semua harapan telah musnah..." tulis Ramesh Kumar lewat akun Twitternya, @Rameshs63714182

Ada juga yang mengaitkan tewasnya Sandeep dengan salah satu partai politik terbesar di India, Bharatiya Janata Party (BJP).

"BJP punya masalah soal penegakan hukum di daerah Kernala dan Karnataka," tulis Bhakt, lewat akun Twitternya @ECOBOI2.

Tragedi yang menimpa Sandeep sendiri sudah mendapatkan perhatian dari petinggi di negara Madhya Pradesh, termasuk dari Menteri Kepala negara bagian tersebut, Shivraj Singh Chouhan.

Dia menegaskan bahwa semestinya keamanan para jurnalis yang menjalankan tugasnya menjadi prioritas utama pihak keamanan. "Jaminan keamanan untuk para jurnalis semestinya menjadi prioritas utama. Hukuman tegas akan dijatuhkan bila dugaan ini terbukti," ujar Shivraj, seperti dikutip dari NDTV.

Berikut video momen Sandeep dilindas sebuah truk.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Investigasi Mafia, Jurnalis India Dilindas Truk : https://ift.tt/2pLYF2D

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Investigasi Mafia, Jurnalis India Dilindas Truk"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.