Search

Aksi Pembalasan, Rusia akan Usir Diplomat AS

INILAHCOM, Moskow--Rusia menyatakan akan mengusir diplomat Amerika Serikat (AS) dengan jumlah yang sama dalam pengusiran diplomat Rusia oleh pemerintah Washington.

Menteri Luar Negeri, Sergei Lavrov, menyatakan Duta Besar AS di Moskow sudah dipanggil, Kamis (29/03), untuk memberitahu aksi pembalasan tesebut. Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Jumat (30/3).

AS lebih dulu mengusir 60 diplomat Rusia sebagai tanggapan bersama dengan beberapa negara menyusul upaya pembunuhan mantan mata-mata Rusia di Inggris yang diduga kuat melibatkan Rusia.

Selain itu, AS juga menutup Konsulat Jenderal Rusia di Seattle.

Pemerintah Inggris yang pertama kali mengusir 23 diplomat Rusia sebagai pembalasan atas serangan gas saraf terhadap Sergei Skripal dan putrinya, Yulia, di Salisbury, Inggris barat daya, pada 4 Maret lalu.

Keduanya dilaporkan masih berada dalam kondisi kritis.

Setelah Inggris, negara-negara Uni Eropa dan AS juga melakukan pengusiran diplomat Rusia dan belakangan Australia mengikuti kebijakan serupa.

Dalam aksi balasan atas AS, Menlu Lavrov menyatakan akan menutup pula Konsulat Jenderal AS di St Petersburg.

"Sedangkan untuk negara-negara lain, semuanya langkah yang simetris terkait jumlah yang akan meninggalkan Rusia dari misi diplomatiknya, dan begitulah sejauh ini," katanya kepada para wartawan di Moskow.

Dia menambahkan Rusia bereaksi atas 'tindakan yang sepenuhnya tidak bisa diterima yang diambil terhadap negara mereka di bawah tekanan yang amat kuat dari AS dan Inggris dengan menggunakan alasan yang disebut kasus Skripal'.

Rusia juga sudah mendesak pertemuan dengan Dewan Eksekutif Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia, OPCW, agar menggelar pertemuan darurat Selasa (3/4) guna 'mendapat kebenaran'.

Sergei Skripal, yang berusia 66 tahun, dan putrinya, Yulia, 33 tahun, ditemukan tidak berdaya di Salisbury, pada 4 Maret lalu, dan penyelidikan menemukan mereka diserang dengan gas saraf.

Rusia sudah membantah terlibat dalam upaya pembunuhan Skripal dan putrinya. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Aksi Pembalasan, Rusia akan Usir Diplomat AS : https://ift.tt/2GHNUZI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aksi Pembalasan, Rusia akan Usir Diplomat AS"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.