Search

Di Jepang, Robot Merawat Para Lansia

INILAHCOM, Tokyo--Paro, robot anjing laut berbulu lembut, menggonggong pelan ketika seorang perempuan manula mengelusnya. Pepper, sebuah robot manusia, melambaikan tangan ketika memimpin sekelompok manula berolahraga. Sosok Tree yang berpostur tegak, membantu seorang pria difabel menuruni tangga, seraya mengeluarkan instruksi dalam suara perempuan, "kanan, kiri, bagus sekali."

Robot-robot membantu tugas sehari-hari di panti wreda Shin-tomi di Tokyo, Jepang. Panti wreda ini memiliki 20 model robot untuk merawat para penghuni panti. Pemerintah Jepang berharap penggunaan robot di panti wreda ini akan menjadi model pemanfaatan keahlian robotika negara itu untuk menghadapi populasi manula yang makin bertambah dan jumlah tenaga kerja yang berkurang.

Menggunakan robot untuk merawat lansia, pekerjaan yang dianggap membutuhkan sentuhan manusia, mungkin ide yang tak lazim di Barat. Tapi banyak orang Jepang memandang sebagai hal positif, sebagian besar karena robot-robot digambarkan di media popular sebagai robot yang ramah dan suka menolong.

Banyak tantangan yang mungkin bisa menghambat penggunaan secara luas robot perawat lansia, antara lain biaya tinggi, masalah keamanan, dan keraguan seberapa jauh robot-robot ini bisa bermanfaat dan ramah pengguna.

Pemerintah Jepang telah mendanai pengembangan robot-robot perawat lansia untuk menutup kekurangan pekerja berkeahlian khusus sebanyak 380 ribu pada 2025.

Meski Pemerintah Jepang sudah melakukan berbagai cara untuk lapangan pekerjaan bagi perawat lansia asing, masih ada hambatan. Misalnya, ujian kemampuan berbahasa Jepang. Hingga akhir 2017, hanya ada 18 warga negara asing yang memiliki visa pramurukti, kategori visa yang dibuat khusus pada 2016.

Pejabat pemerintah menekankan tetap saja robot-robot tidak bisa menggantikan para pramurukti atau perawat lansia.

"Mereka bisa membantu dengan kekuatan, mobilitas dan monitorin. Mereka tidak bisa menggantikan manusia. Tapi mereka bisa menggantikan waktu dan pekerjaan," kata Yasuda dari Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang. "Bila para pekerja punya lebih banyak waktu, mereka bisa mengerjakan tugas lain." [reuters/voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Di Jepang, Robot Merawat Para Lansia : https://ift.tt/2Gm6LpZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di Jepang, Robot Merawat Para Lansia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.