Search

Wina Kembali Dinobatkan Kota Layak Huni Terbaik

INILAHCOM, New York--Ibu kota Austria, Wina, telah memuncaki indeks Mercer terkait kota yang paling layak huni selama 10 tahun berturut-turut.

Kota itu dikenal oleh para turis karena masa lalu kekaisarannya, istana-istana berlapis emas dan musik klasik, demikian Reuters seperti dikutip dari VOA, Kamis (14/3/2019).

Kota berpenduduk 1,9 juta jiwa itu dijuluki "Wina Merah" karena telah lama dikuasai oleh oleh kelompok politik kiri dengan layanan publik yang murah dan banyak hunian murah untuk warga.

Luas wilayah yang sedang, aman dan relatif hijau adalah beberapa kesamaan yang juga dimiliki oleh Zurich (Swiss) yang berada di posisi kedua. Tapi Zurich jauh lebih mahal dan menjadi pusat ekonomi utama, demikian pula dengan Auckland (Selandia Baru), Munich (Jerman) dan Vancouver (Kanada) yang bersama-sama menduduki posisi ketiga.

Lima kota teratas dalam indeks perusahaan konsultan Peringkat Kualitas Hidup Mercer 2019 diumumkan pada Rabu (13/3/2019). Peringkat ini tidak banyak berubah sejak tahun lalu, kecuali peringkat Vancouver yang naik ke peringkat tiga yang sebelumnya berada di peringkat lima.

"Kualitas hidup ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari akses ke transportasi umum dan tingkat kemacetan lalu lintas, hingga ketersediaan perumahan dan sekolah internasional, juga pemandangan budaya kota," kata Mercer dalam sebuah pernyataan, tanpa menyebutkan alasan lebih lanjut terkait posisi Wina yang selalu bisa melebihi Zurich. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Wina Kembali Dinobatkan Kota Layak Huni Terbaik : https://ift.tt/2Fasymk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wina Kembali Dinobatkan Kota Layak Huni Terbaik"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.