Search

Presiden Perancis Jamu Mewah Presiden China

INILAHCOM, Paris--Presiden Perancis Emmanuel Macron menjamu makan malam mewah Presiden China Xi Jinping di dekat Nice. Selain itu, Xi disambut di Arc de Triomphe di Paris serta mendapat terjemahan Konfusius Perancis abad ke-17.

Kunjungan tiga hari Xi ke Perancis, yang dimulai hari Minggu (24/3/2019), menjanjikan tantangan yang jauh lebih besar daripada dua tempat persinggahan sebelumnya. Demikian VOA melaporkan, Selasa (26/3/2019).

Pemimpin China itu melakukan putaran pertama lawatannya ke Eropa yang ditandai masuknya Italia dalam proyek "Belt and Road" China. Ia juga disambut ramah di kerajaan kecil Riviera di Monaco, yang menyetujui perusahaan teknologi China, Huawei mengembangkan jaringan telekomunikasinya yang kontroversial, 5G.

Persinggahan ketiganya akan menguji, baik Xi maupun Presiden Perancis Emmanuel Macron, yang telah menjadikan dirinya sebagai salah satu kekuatan penting di Eropa. Bagi Xi, kata para analis, tujuannya bukan hanya untuk memperluas ikatan ekonomi China, tetapi juga pengaruh politik di Eropa dalam menghadapi pesaing global. Bagi Macron dan sekutu-sekutunya, itu berarti membujuk blok yang retak untuk berunding sendiri jika menyangkut berbisnis dengan China.

"Kepentingan China bahwa Eropa tidak terpecah, bahwa kita tetap menjadi mitra utama," tulis surat kabar Le Journal du Dimanche.

Selain perdagangan, kedua pemimpin juga diharapkan membahas perubahan iklim, dimana Macron dilaporkan menginginkan kerja sama yang lebih besar dari China untuk melawan skeptisisme pemerintahan Presiden Donald Trump. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Presiden Perancis Jamu Mewah Presiden China : https://ift.tt/2HTCJ08

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Perancis Jamu Mewah Presiden China"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.