Search

Vietnam-Cina Minta Tahan Diri Sengketa Maritim

INILAHCOM, Jakarta--Vietnam dan Cina menyerukan pengekangan diri dalam penyelesaian sengketa di Laut Cina Selatan.

Berbicara kepada para wartawan dalam jumpa pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Cina, Menteri Luar negeri Vietnam Pham Binh Minh mengatakan kedua negara akan mengelola sengketa itu dan bukan memperluasnya.

"Kami mengusulkan agar kedua pihak dalam waktu ke depan sebaiknya melaksanakan dengan sungguh-sungguh saling pengertian antara pemimpin kedua negara, mengelola dengan baik sengketa, jangan melakukan kegiatan yang memperumit dan memperluas sengketa, saling menghormati hak dan kepentingan yang syah lainnya sesuai dengan hukum internasional," kata Minh.

Pihak Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan penyelesaian sengketa maritim sangat penting bagi perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

Wang mengatakan kedua pihak "sebaiknya jangan melakukan kegiatan sepihak yang akan memperumit keadaan dan sebaiknya memperkuat kerjasama maritim untuk membina lingkungan yang sehat untuk mencapai persetujuan akhir mengenai penyelesaian sengketa laut, yang akan memperkuat kerjasama praktis bilateral." [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Vietnam-Cina Minta Tahan Diri Sengketa Maritim : https://ift.tt/2JaB6JP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Vietnam-Cina Minta Tahan Diri Sengketa Maritim"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.