Search

Mantan Diktator Guatemala Rios Monty Meninggal

INILAHCOM, Guetamala City--Mantan diktator Efrain Rios Montt, yang berkuasa pada salah satu periode perang saudara Guatemala yang paling menelan banyak korban jiwa, meninggal dunia dalam usia 91 tahun. Demikian VOA, Senin (2/4).

Pada 2013, Rios Montt menjadi kepala negara pertama yang dihukum karena genosida di negaranya sendiri, selama berkuasa selama 17 bulan pada 1982-1983. Ia dinyatakan bersalah terhadap pembantaian 1.771 penduduk asli Ixil Maya oleh pasukan keamanan di bawah komandonya.

Tetapi beberapa hari kemudian keputusan itu dicabut oleh pengadilan konstitusi Guatemala karena "kesalahan prosedur," menimbulkan kekecewaan di kalangan aktivis HAM dan para korban sejak lama berupaya agar Rios Montt dihukum karena kekejaman itu.

Pengacara Rios Montt berupaya memblokir proses hukum lebih lanjut dengan alasan memburuknya kesehatan mantan pemimpin itu akibat demensia.

Kongres Guatemala dalam sebuah pernyataan menyatakan mengingat jabatan politik yang dipegang, Rios Montt berhak dikebumikan di Legislative Palace. Tetapi keluarganya memutuskan untuk melangsungkan upaya pemakaman pribadi, Minggu (1/4) di tempat pemakaman setempat. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Mantan Diktator Guatemala Rios Monty Meninggal : https://ift.tt/2Gsb576

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mantan Diktator Guatemala Rios Monty Meninggal"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.