Search

Cina Tuduh AS Melanggar Wilayahnya

INILAHCOM, Beijing -- Beijing menuduh Amerika Serikat (AS) melanggar kedaulatan Cina setelah kapal perusak bersenjata misil AS berlayar dekat pulau karang yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

USS Hopper berlayar pada jarak 12 mil atau 22 kilometer dari Pulau Huangyan, yang juga bernama Scarborough Shoal, tanggal 17 Januari.

Kementerian Pertahanan Cina mengatakan sebuah frigat Cina segera mengambil tindakan untuk mengidentifikasi dan memeriksa kapal AS itu dan menghalaunya dengan mengeluarkan peringatan."

Cina merebut Huangyan dari Filipina tahun 2012.

Cina mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan telah direklamasi, termasuk pembangunan lapangan terban dan sarana militer.

Laut Cina Selatan mempunyai jalur pelayaran yang sangat penting, tempat yang kaya ikan dan kemungkinan minyak, gas dan hasil tambang lain.

Sekalipun AS tidak mempunyai klaim wilayah di Laut Cina Selatan dan mengatakan pihaknya netral dalam sengketa itu, namun AS mengatakan pihaknya prihatin Cina sedang berusaha memiliterisasi apa yang seharusnya perairan internasional yang bebas dan terbuka. Barang bernilai sekitar US$3 triliun melintasi daerah itu setiap tahun.

Angkatan Laut AS secara teratur berlayar melintasi daerah itu untuk menegakkan kebebasan navigasi.

Cina mengatakan pihaknya ingin menyelesaikan sengketa wilayah di Laut Cina Selatan melalui perundingan bilateral. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Cina Tuduh AS Melanggar Wilayahnya : http://ift.tt/2EYGj4v

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cina Tuduh AS Melanggar Wilayahnya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.