Search

30 Migran dan Pengungsi Tenggelam di Yaman

INILAHCOM, Washington -- PBB menyatakan sedikitnya 30 migran dan pengungsi Afrika tenggelam setelah kapal mereka terbalik di lepas pantai Yaman awal pekan ini.

Pernyataan hari Jumat (26/1) yang dilansir Badan Migrasi PBB (IOM), yang dikutip dari VOA, Sabtu (27/1), menyebutkan, kapal yang penuh sesak itu, yang mengangkut 152 warga Somalia dan Ethiopia, bertolak dari pantai al-Buraiqa di dekat kota Aden, Yaman, menuju Djibouti.

IOM menyatakan kapal itu diduga dioperasikan oleh para penyelundup jahat yang berusaha memeras lebih banyak lagi uang dari para migran. Para penyintas melaporkan ada suara tembakan sewaktu kapal itu terbalik.

Yaman terlibat dalam perang saudara yang melibatkan koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintah yang diakui masyarakat internasional melawan pemberontak Syiah dukungan Iran, sejak Maret 2015.

IOM menyatakan konflik Yaman membuat para pengungsi dan migran berisiko mengalami pelanggaran HAM, termasuk penangkapan sewenang-wenang dan perdagangan manusia.

Agustus tahun lalu lebih 50 migran remaja asal Somalia dan Etiopia juga tenggelam ketika kapal yang mereka tumpangi mendekati pantai Yaman.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mencurigai ada penyelundup manusia dalam kasus migran.

Juru bicara IOM Olivia Headon mengatakan para penyelundup menjemput warga Somalia dan membawa mereka ke pelayaran yang sangat berbahaya dan mematikan.

"Perahu menjadi sarana perjalanan ini sepanjang waktu di mana orang disiksa dan diperkosa selama perjalanan sehingga keluarga mereka akan membayar lebih ... Beberapa orang membayar uang US$100, tapi kemudian selama perjalanan mereka disiksa, dianiaya, keluarga mereka diberi tahu akan hal ini dan dipaksa membayar US$1.000 atau US$ 2.000 lebih," paparnya.

Kini, IOM sedang mengumpulkan informasi tentang penyelundup untuk diteruskan ke pihak berwenang. Dia mengatakan bahwa diperlukan kerjasama internasional yang lebih besar untuk menghentikan atau mengurangi perdagangan manusia. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 30 Migran dan Pengungsi Tenggelam di Yaman : http://ift.tt/2DFSsiG

Bagikan Berita Ini

0 Response to "30 Migran dan Pengungsi Tenggelam di Yaman"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.