Search

2019, Kedubes AS Pindah ke Yerusalem

INILAHCOM, Yerusalem -- Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengatakan AS akan memindahkan kedutaan besarnya di Israel ke Yerusalem akhir tahun 2019.

"Dalam minggu-minggu depan, pemerintah kita akan mendorong rencananya untuk membuka Kedutaan Besar Amerika di Yerusalem sebelum akhir tahun depan," kata Pence, kepada Knesset, DPR Israel, di Yerusalem, seperti dikutip dari VOA, Selasa (23/1).

"Yerusalem adalah ibu kota Israel, dan oleh karena itu, Presiden (Donald) Trump telah mengarahkan Departemen Luar Negeri untuk memulai persiapan awal untuk memindahkan kedutaan kita dari Tel Aviv ke Yerusalem," tambahnya.

Trump melepaskan kebijakan AS selama puluhan tahun dengan mengatakan bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel dan segera melakukan proses pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson sebelumnya mengatakan relokasi tersebut kemungkinan akan memakan waktu bertahun-tahun.

Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada Trump dan Pence atas apa yang dia sebut "pernyataan bersejarah" dan menyatakan hubungan AS dan Israel "tidak pernah sekuat ini ."

Keputusan Trump tentang Yerusalem menimbulkan kritik tajam dari para pemimpin Palestina, termasuk Presiden Mahmoud Abbas yang mengatakan AS tidak dapat lagi berperan dalam proses perdamaian.

Anggota parlemen Arab mengatakan mereka akan memboikot pidato Pence. Netanyahu mengritik keputusan tersebut dalam rapat kabinet pada hari Minggu dan menyebut Pence sebagai "teman baik Israel."

Sebelum melawat ke Israel, Pence berkunjung ke Yordania di mana Raja Abdullah menyatakan keprihatinannya atas keputusan Yerusalem tersebut dan mendesak Amerika untuk "membangun kembali kepercayaan dan keyakinan diri" dalam mengusahakan penyelesaian dua negara. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 2019, Kedubes AS Pindah ke Yerusalem : http://ift.tt/2G7WgXA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "2019, Kedubes AS Pindah ke Yerusalem"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.