Search

25 Selebriti Kecam Trump, Bela Palestina

INILAHCOM, London -- Lebih 25 selebriti dan tokoh masyarakat menyatakan horor terhadap keputusan Presiden AS Donald Trump yang memangkas anggaran bagi badan PBB yang mengurusi pengungsi Palestina, UNRWA.

"Sasaran sebenarnya dari serangan mematikan ini adalah rakyat Palestina sendiri. Keputusan itu diambil dengan tujuan jelas, yaitu mempreteli hak-hak mereka (Palestina) dengan mempreteli institusi yang dituduh melindungi mereka," demikian pernyataan Hoping Foundation,Kamis (25/1), seperti dikutip dari VOA, Jumat (26/1).

Aktor Hugh Grant dan Viggo Mortensen, aktris Gilian Anderson, Olivia Wilde, Emma Thompson serta Tilda Swinton adalah beberapa selebriti yang ikut menandatangani kecaman itu.

Kecaman itu dirilis oleh Hoping Foundation, sebuah organisasi yang berkantor di London, Inggris dan selama ini membantu anak-anak Palestina.

Frustrasi oleh macetnya proses perdamaian Timur Tengah, Trump bulan ini menyalahkan Palestina atas kemacetan itu dan mengancam memangkas bantuan AS. AS kemudian menangguhkan pembayaran US$65 juta kepada UNRWA, badan PBB yang menyediakan layanan pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lain bagi lebih dari lima juta pengungsi Palestina dan keturunan mereka yang tersebar di Timur Tengah.

Ketika berada di Davos hari Kamis, Trump mengatakan AS baru akan meloloskan dana bantuan itu kembali jika Palestina kembali ke meja perundingan.

AS adalah donor tunggal terbesar bagi UNRWA dan badan itu telah melancarkan penggalangan dana secara global guna menutup kekurangan akibat tindakan AS itu.

Secara keseluruhan UNRWA membutuhkan ratusan juta dolar dalam satu tahun bagi Palestina.[voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 25 Selebriti Kecam Trump, Bela Palestina : http://ift.tt/2FktO3r

Bagikan Berita Ini

0 Response to "25 Selebriti Kecam Trump, Bela Palestina"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.