Search

Bonceng Satelit Indonesia, Robot Israel ke Bulan

INILAHCOM, Florida--Israel akan meluncurkan usaha pertamanya untuk mendarat di bulan lewat robot Beresheet, sebuah usaha yang didanai swasta dengan tujuan mendarat dan menjelajah daratan bulan.

Ini dipandang sebagai sebuah usaha yang penuh tantangan karena hanya badan pemerintah Amerika Serikat, Rusia dan China yang sebelumnya berhasil mendarat. Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Jumat (22/2/2019).

Beresheet setinggi 1,5 m dengan berat 585 kg akan memulai misinya dengan mengorbit bumi pada roket SpaceX Falcon 9 yang diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida, AS.

Begitu dilepaskan dari kendaraan ini, robot kemudian akan menggunakan mesin buatan Inggris menuju bulan. Perjalanan ini akan memakan waktu lebih dua bulan.

SpaceIL, badan nirlaba di belakang proyek ini berharap Beresheet (yang berarti "Pada awalnya" dalam bahasa Ibrani) akan menjadi sumber inspirasi bagi semua pihak yang mengikuti jejaknya.

"Dengan melakukan apa yang kami kerjakan dan mencapainya dengan sumber daya terbatas yang kami miliki, serta keterbatasan pendanaan kami--saya pikir kami telah menunjukkan kecerdikan Israel," kata pendana utama dan pimpinan SpaceIL, Morris Kahn.

Robot ini membonceng perjalanan yang fungsi utamanya adalah menempatkan satelit komunikasi baru perusahaan penyedia jasa telekomunikasi Indonesia, Pasifik Satelit Nusantara ke orbit.

Peluncuran Falcon 9 Beresheet dari Cape Canveral dijadwalkan pada hari Kamis (21/2/2019), 20:45 EST atau Jumat (22/2/2019) pukul 8:45 pagi WIB. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Bonceng Satelit Indonesia, Robot Israel ke Bulan : https://ift.tt/2STBNQk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bonceng Satelit Indonesia, Robot Israel ke Bulan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.