Search

16 Negara Bagian AS Tuntut Presiden Trump

INILAHCOM, Washington DC--Koalisi 16 negara bagian AS, yang dipimpin oleh California, menuntut pemerintahan Presiden Donald Trump terkait keputusannya menyatakan keadaan darurat untuk menghimpun dana pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko.

Trump menyatakan deklarasi setelah Kongres menolak menyetujui dana US$5,7 miliar atau Rp80 triliun untuk membangun tembok perbatasan yang memisahkan wilayah AS dengan Meksiko.

Negara-negara bagian itu menyatakan keinginan untuk menghambat Trump "menyalahgunakan kekuasaan presiden".

Pihak Demokrat menolak mendanai tembok usulan Trump. Pembangunan tembok itu tercatat sebagai janji kampanye yang penting, dan Demokrat menegaskan akan mempertanyakan rencananya.

Pernyataaan presiden dikeluarkan setelah dia menandatangani rancangan undang-undang anggaran untuk menghindari penghentian kembali roda pemerintahan. DPR AS hanya menyetujui pemberian US$1,375 miliar atau Rp19 triliun untuk membangun tembok perbatasan baru.

Trump mengatakan dirinya tidak perlu menyatakan keadaan darurat, tetapi tetap melakukannya dengan harapan dapat mendapat dana tembok dengan lebih cepat. Para pengamat mengatakan komentarnya ini justru akan mengacaukan sisi hukum dari pandangannya sendiri. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 16 Negara Bagian AS Tuntut Presiden Trump : https://ift.tt/2Ir3JGt

Bagikan Berita Ini

0 Response to "16 Negara Bagian AS Tuntut Presiden Trump"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.