Search

Pendiri WikiLeaks Menolak Diekstradisi ke AS

INILAHCOM, London--Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, mengatakan kepada pengadilan di London, Inggris, ia akan menentang ekstradisi ke AS untuk menghadapi tuduhan berkonspirasi meretas komputer Departemen Pertahanan AS.

Assange mengatakan kepada para hakim di Pengadilan Westminister melalui sambungan video dari penjara Inggris bahwa dia tidak ingin "menyerahkan diri untuk ekstradisi karena melakukan praktik jurnalisme yang telah memenangkan banyak penghargaan dan melindungi banyak orang."

AS telah meminta agar Assange diekstradisi untuk diadili atas tuduhan konspirasi karena berkolaborasi dengan mantan analis intelijen Angkatan Darat AS Chelsea Manning dengan meretas komputer Pentagon pada Maret 2010.

Manning menjalani beberapa tahun hukuman penjara karena membocorkan dokumen rahasia ke WikiLeaks dan dipenjara lagi pada bulan Maret setelah menolak memberikan kesaksian di hadapan dewan juri yang menyelidiki organisasi tersebut.

Jika terbukti bersalah, Assange bisa dihukum hingga lima tahun penjara. Tetapi Assange khawatir AS dapat menuntutnya dengan kejahatan tambahan yang lebih serius. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Pendiri WikiLeaks Menolak Diekstradisi ke AS : http://bit.ly/2H0A5VQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pendiri WikiLeaks Menolak Diekstradisi ke AS"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.