Search

Mantan Istri Bos Amazon Sumbang Rp 266 Triliun

INILAHCOM, Jakarta--MacKenzie Bezos, mantan istri bos Amazon, Jeff Bezos, berikrar akan menyumbangkan setengah dari kekayaannya untuk amal. Artinya, MacKenzie akan menyumbangkan Rp 266 triliun dari kekayaannya sebesar Rp 533 triliun.

Ikrar MacKenzie ditujukan kepada The Giving Pledge, yang pertama kali dimulai oleh miliuner Warren Buffett dan pendiri Microsoft, Bill Gates, sebagai seruan untuk para orang kaya untuk menyumbangkan setengah dari kekayaan mereka.

Kekayaan MacKenzie diperkirakan mencapai hampir US$ 37 miliar atau Rp 533 triliun setelah dirinya dan Jeff Bezos bercerai.

MacKenzie dilaporkan menandatangani dalam kesepakatan perceraian bernilai sedikitnya US$ 35 miliar atau Rp 495 triliun.

Melalui kesepakatan itu, MacKenzie akan mempertahankan 4% saham perusahaan ritel raksasa Amazon.

"Selain aset yang telah dikembangkan, saya punya uang dalam jumlah yang tidak proporsional untuk dibagikan. Pendekatan saya pada filantropi akan terus bijak. Perlu waktu, upaya, dan perhatian," sebut MacKenzie dalam pernyataan resmi.

The Giving Pledge telah ditandatangani oleh 204 individu, pasangan, dan keluarga dari 23 negara.

Mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg; pendiri CNN Ted Turner; serta pebisnis hiburan Barry Diller termasuk orang-orang pertama yang menandatangani ikrar tersebut pada 2010.

Ikrar sumbangan tahun ini datang dari miliuner Paul Tudor Jones; salah satu pendiri perusahaan investasi GMO, Jeremy Grantham; serta pebisnis asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Musallam bin Ham Al Ameri.
Ikrar publik

The Giving Pledge memberi peluang kepada para miliuner untuk menyampaikan ikrar mereka kepada publik, alih-alih kontrak hukum.

"Tujuannya adalah membincangkan soal memberi secara terbuka dan menciptakan atmosfer yang bisa menarik lebih banyak orang ke dalam filantropi," sebut situs itu.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dan istrinya, Priscilla Chan, bergabung ke dalam The Giving Pledge pada 2015. Kala itu, mereka mengatakan akan memberikan 99% saham Facebook demi tujuan baik.

Mark Zuckerberg berkata mereka akan menyumbangkan kekayaan kepada Chan Zuckerberg Initiative untuk membuat dunia lebih baik bagi tumbuh kembang putri mereka.

Saham pasangan tersebut, yang bernilai lebih dari 60 miliar poundsterling atau Rp 1.096 triliun, tidak akan disumbangkan kepada lembaga itu dalam waktu segera, tapi sepanjang hidup mereka.

Jeff Bezos sendiri bukan salah satu penandatangan the Giving Pledge. Tahun lalu dia menyumbangkan US$ 2 miliar atau Rp 28 triliun kepada dana amal yang dia dirikan untuk membantu kaum tunawisma dan mendirikan sejumlah sekolah.

Tindakan itu dikecam sejumlah kalangan yang menuding Jeff Bezos membayar karyawannya dengan upah rendah.

Oleh Boomberg, nilai kekayaan Jeff Bezos ditaksir bernilai US$ 114 miliar atau Rp 1.646 triliun.

Miliuner top yang belum bergabung dengan The Giving Pledge mencakup salah seorang pendiri Google, Larry Page; Bernard Arnault selaku direktur perusahaan barang mewah LVMH, serta bos telekomunikasi Meksiko, Carlos Slim. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Mantan Istri Bos Amazon Sumbang Rp 266 Triliun : http://bit.ly/2wvHt5a

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mantan Istri Bos Amazon Sumbang Rp 266 Triliun"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.