Search

PM Papua Nugini Peter O'Neill Mundur

INILAHCOM, Port Moresby--Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neill mengumumkan pengunduran dirinya setelah tujuh tahun menjabat. Pengunduran diri O'Neill itu mengikuti sejumlah pembelotan tingkat tinggi dari koalisi yang berkuasa, termasuk dua menteri kabinet.

Mengumumkan pengunduran dirinya, ONeill mengatakan, "Saya ingin mengatakan bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri dalam beberapa hari mendatang ketika saya menemui gubernur jenderal untuk memastikan kita membuka jalan bagi pemerintahan baru, kepemimpinan baru dalam pemerintahan yang baru." Demikian VOA, Senin (27/5/2019).

Selama berpekan-pekan O'Neill menolak seruan untuk mengundurkan diri. Tetapi ia mengatakan gerakan baru-baru ini di dalam parlemen menunjukkan "kebutuhan akan perubahan."

"Kita telah menyepakati perubahan arah bahwa kepemimpinan pemerintah kita sekarang akan diserahkan kepada Sir Julius Chan, seorang pemimpin kawakan dan salah seorang bapak pendiri negara besar kita," kata Peter O'Neill.

Penentang O'Neill hari Jumat mengatakan, mereka telah menggalang cukup dukungan di parlemen supaya ia meletakkan jabatan atas berbagai keluhan, termasuk kesepakatan gas dengan perusahaan Prancis, Total.

Pembelotan dari koalisi yang berkuasa telah berlangsung selama berpekan-pekan dan pada hari Jumat setidaknya 9 anggota beralih pihak, menurut dua menteri yang ikut membelot. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan PM Papua Nugini Peter O'Neill Mundur : http://bit.ly/2EAmoLw

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PM Papua Nugini Peter O'Neill Mundur"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.