Search

Saudi Bebaskan Empat Aktivis Perempuan

INILAHCOM, London--Empat aktivis hak-hak perempuan kembali dibebaskan sementara oleh pemerintah Arab Saudi, sehingga yang sudah dibebaskan total tujuh orang dalam dua bulan terakhir.

Organisasi hak asasi manusia Saudi yang berbasis di Inggris, ALQST, mengatakan Hatoon Al-Fassi, Amal Al-Harbi, Maysaa al-Manea, dan Abeer Namankani, telah dibebaskan semuanya. Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Jumat (3/5/2019).

Mereka adalah di antara 11 perempuan yang ditahan selama sekitar setahun atas tuduhan melanggar peraturan tentang kejahatan di dunia maya.

Sejauh ini pejabat Arab Saudi belum memberikan komentar.

Ketentuan tentang pembebasan ini dan kapan mereka kemungkinan bisa dipenjara kembali, tidaklah jelas.

Pemerintah Saudi dalam tekanan dunia internasional untuk membebaskan para perempuan yang ditangkap pada Mei tahun lalu sesaat sebelum pihak berwenang mencabut larangan mengemudi bagi perempuan.

Tiga aktivis perempuan lainnya, Eman al-Nafjan, Aziza al-Yousef dan Roqaya al-Mohareb sudah dibebaskan pada Maret lalu.

Sebanyak 11 perempuan diadili pada Maret lalu. Ketika mereka ditahan pada 2018, Kejaksaan Saudi mengatakan mereka diduga merugikan kepentingan nasional.

Mereka dituduh telah melakukan kontak dengan jurnalis asing dan organisasi hak asasi manusia.

Beberapa perempuan yang tampil di pengadilan mengatakan mereka mengaku disetrum, dicambuk dan dilecehkan secara seksual di dalam penjara, tuduhan yang dibantah pihak berwenang Saudi.

Pada Maret lalu, 36 negara yang tergabung dalam Dewan Hak Asasi Manusia PBB secara bersama mengutuk pemerintah Arab Saudi atas penahanan kaum perempuan.

Ini merupakan teguran kolektif pertama atas negara kerajaan di kawasan Teluk itu sejak dewan tersebut dibentuk pada 2006.

Ketika pembebasan sementara terhadap tiga aktivis perempuan pada Maret telah memicu harapan perubahan, sebulan kemudian Saudi menahan sejumlah aktivis lainnya, termasuk dua orang warga negara AS-Saudi dan seorang perempuan yang sedang mengandung.

Mereka yang ditahan itu disebut sebagai penulis yang intensif menuntut reformasi di negara itu.

Penangkapan aktivis dan penulis Arab Saudi dipandang sebagai upaya membungkam kritik terhadap putra mahkota, yang menyebut dirinya sendiri telah melakukan upaya reformasi. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Saudi Bebaskan Empat Aktivis Perempuan : http://bit.ly/2DIC1QA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saudi Bebaskan Empat Aktivis Perempuan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.