Search

Kekuasaan Robert Mugabe Berakhir Sebentar Lagi

INILAHCOM, Harare - Kekuasaan Robert Mugabe selama 37 tahun di Zimbabwe diperkirakan akan berakhir, setelah orang nomor satu Zimbabwe itu dikenai tahanan rumah oleh kelompok militer Rabu malam (15/11/2017).

The Guardian mengabarkan, belum jelas nasib Robert Mugabe yang ditahan di kediamannya yang dikenal dengan sebutan 'Rumah Biru'. Namun jurubicara militer Mayor Jenderal SB Mojo menyatakan ''Robert Mugabe beserta keluarganya dijamin aman dari target para kriminal,' katanya. Sementara itu Emmerson Mnangagwa, wakil presiden yang dipecat dan melarikan diri ke Afrika Selatan, dikabarkan telah kembali ke Harare, ibukota Zimbabwe.

Suasana Harare dikabarkan tegang, namun tenang di tengah suasana krisis politik. Sejumlah tentara tampak berjaga-jaga mengamankan bandara, kantor-kantor pemerintah, parlemen dan gedung lainnya. Laporan yang menyebutkan Grace Mugabe, ibu negara Zimbabwe melarikan diri ke luar negeri, juga ternyata kabar bohong.

Beberapa sumber menyebutkan Grace yang dikenal sebagai 'Grace Gucci' - karena gemar mengenakan tas Gucci - ditahan di dalam Rumah Biru bersama suaminya. "Tidak terbang ke Singapura atau Malaysia, mengingat di sana Keluarga Mugabe punya simpanan properti," bisik seorang pembantu dekatnya.

Sebelumnya santer beredar kabar bahwa krisis politik ini akibat perselisihan internal antara Grace Mugabe yang ingin menggantikan suaminya dengan Wapres Emmerson Mnangagwa, yang digadang Mugabe sebagai penggantinya.

Banyak pengamat politik menduga Zimbabwe akan jatuh ke tangan Emmerson Mnangagwa. Maklum, Grace Gucci dikenal berperangai buruk. Istri kedua Mugabe yang baru berusia 50 tahun itu, dikenal hidup mewah dan berambisi menjadi pemimpin Zimbabwe. Grace pernah kesandung kasus kriminal setelah memukul seorang model yang kedapatan tidur bersama putranya di apartemen miliknya di Johannesburg, Afrika Selatan. Grace kemudian dibebaskan meninggalkan Afrika Selatan, tanpa dijerat hukum.

Lain halnya dengan Emmerson Mnangagwa. Sebelum menjadi wapres, Emmerson pernah menjadi kepala badan intelijen Zimbabwe. Karena itulah, Emmerson dikenal dekat dengan jajaran pimpinan militer Zimbabwe. Termasuk dengan Jenderal Chiwenga, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Zimbabwe, yang konon berperan dalam penahanan Robert Mugabe, pemimpin gaek berusia 93 tahun yang memerintah Zimbabwe selama 30 tahun.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kekuasaan Robert Mugabe Berakhir Sebentar Lagi : http://ini.la/2418508

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kekuasaan Robert Mugabe Berakhir Sebentar Lagi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.