Search

Presiden Erdogan Ganti Empat Komandan Militer

INILAHCOM, Ankara - Presiden Recep Tayyip Erdogan mengganti tiga komandan angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara, Rabu (2/8/2017), dalam upaya melakukan pembersihan di jajaran militer Turki.

Kantor berita Reuters mengabarkan, penggantian itu dilakukan Presiden Erdogan berdasar rekomendasi Mahkamah Tinggi Dewan Militer, YAS, yang dipimpin Perdana Menteri Binali Yildirim. Dalam pengumumannya, Pemerintah Turki menyebutkan Komandan Pasukan Darat Salih Zeki Colak, diganti oleh komandan polisi militer Turki Yasar Guler. Sedangkan Komandan Angkatan Laut Turki, Bulent Bostanoglu digantikan oleh wakilnya, Laksamana Adnan Ozbal. Dan Komandan Angkatan udara Abidin Unal, digantikan oleh Hasan Kucukakyuz.

Penggantian jajaran tinggi militer Turki memang tak terlepas dari upaya kudeta gagal yang dilakukan kelompok militer tahun 2016 lalu. Hingga sekarang tercatat 150 ribu anggota militer yang dipecat atau dibekukan kegiatannya. 50 ribu di antaranya telah ditahan. Lebih dari 8 ribu perwira, termasuk para komandan satuan, ditangkap karena dituduh terlibat upaya makar menggulingkan Presiden Erdogan.

Presiden Erdogan yang memiliki akar kuat sebagai politikus Islam, tengah berhadapan dengan kelompok militer Turki yang dinilai sebagai pengawal kelompok sekularisme militer Turki. Mereka pernah berhasil menggulingkan empat pemerintahan di pertengahan abad 20. "Presiden Erdogan menginginkan agar militer Turki, anggota pasukan kedua terbesar NATO perlu disuntik 'darah segar'," tulis kantor berita Reuters.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Presiden Erdogan Ganti Empat Komandan Militer : http://ini.la/2395421

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Erdogan Ganti Empat Komandan Militer"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.