Search

Qatar Jalin Kembali Hubungan dengan Iran

INILAHCOM, Dubai - Pemerintah Qatar menjalin kembali hubungan diplomatik dengan Iran dan berjanji hendak mengirim dutabesarnya kembali ke Teheran.

Kantor Berita Associated Press mengabarkan, langkah itu diumumkan dalam sebuah memo pendek dari Kementerian Luar Negeri Qatar, Kamis (24/8/2017). "Qatar menyatakan penghargaan untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Republik Islam Iran di segala bidang," bunyi pernyataan resmi tersebut.

Hal itu disambut hangat oleh Iran. Niat mengirim dutabesarnya disampaikan dalam percakapan telepon dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. "Kami menyambut baik langkah Pemerintah Qatar," ujar Bahram Ghasemi, jurubicara kemenlu Iran seperti dikutip kantor berita Iran, IRNA.

Pulihnya hubungan Qatar dan Iran bakal menyulut kemarahan kelompok aliansi negara-negara Teluk pimpinan Arab Saudi. Langkah Qatar dilakukan hanya beberapa hari setelah Arab Saudi mempromosikan keluarga kerajaan Qatar yang dikucilkan dari Kerajaan Arab Saudi setelah kudeta 1972. "Tampaknya Qatar melakukan perhitungan matang, untuk menunjukkan pada dunia bahwa Qatar tidak mau tunduk lagi tekanan negara-negara Teluk," kata Kristian Coates Ulrichsen, periset di James Baker Institut di Universitas Rice.

Krisis diplomatik antara Qatar dan negara-negara Teluk berlangsung 5 Juni lalu. Bahrain, Mesir, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan dengan Pemerintah Doha. Qatar dituduh membiayai kelompok ekstrimis dan dianggap terlalu dekat dengan Iran.

Namun belakangan Arab Saudi mengizinkan warga Qatar untuk menjalankan ibadah haji tahun ini Bahkan, keluarga kerajaan Qatar, Sheikh Abdullah Al Thani bertemu dengan Pangeran Mohammed bin Salman, saat berlibur bersama Raja Salman di Maroko.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Qatar Jalin Kembali Hubungan dengan Iran : http://ini.la/2400163

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Qatar Jalin Kembali Hubungan dengan Iran"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.