Search

Kerugian Badai Harvey Setara dengan Badai Katrina

INILAHCOM, Houston - Kerugian akibat Badai Harvey yang menerjang negara bagian Texas disebut setara dengan Badai Katrina pada 2005 yang merupakan bencana alam paling merugikan dalam sejarah AS, demikian pernyataan Insurance Information Institute.

Hujan deras masih mengguyur Houston dan kota-kota sepanjang pantai Texas, dan Insurance Information Institute menyatakan terlalu dini untuk menghitung jumlah pasti kerusakan rumah dan kerugian ekonomi.

"Bisa jadi seperti kerugian akibat banjir pada bencana Badai Katrina karena besar air yang masuk tidak sebesar angin yang menimbulkan banjir," kata Loretta Worters, juru bicara Insurance Information Institute, seperti dilansir Reuters.

Baca juga: Badai Harvey Hantam Negara Bagian Texas

Badai Katrina yang terjadi pada 2005 silam telah membuat asuransi menanggung kerugian US$15 miliar di Louisiana dan Mississippi yang harus dibayarkan oleh Program Asuransi Banjir Nasional (NFIP), program pemerintah pusat untuk korban banjir di AS.

NFIP yang sudah terlilit utang besar sehingga harus ditalangi para pembayar pajak AS setelah bencana Badai Katrina itu kemungkinan besar harus menanggung asuransi sama besarnya akibat Badai Harvey.

Dalam beberapa hari ke depan Badai Harvey masih akan melandaTexas Tenggara dan menaikkan permukaan air sampai 60 cm.

Baca juga: Banjir Akibat Badai Harvey, Houston Terisolasi

Ketika badai menerjang, banyak pemilik rumah yang menderita karena mereka tidak punya asuransi properti. Mereka yang punya pun kerap kesulitan karena tidak dilindungi asuransi banjir.

Kerusakan akibat angin dari badai memang dilindungi oleh asuransi properti, tetapi kerusakan akibat banjir tidak. Oleh karena itu para pemilik properti beralih ke NFIP, demikian laporan Reuters.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kerugian Badai Harvey Setara dengan Badai Katrina : http://ini.la/2400622

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kerugian Badai Harvey Setara dengan Badai Katrina"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.