Search

Jepang Peringati 72 Tahun Bom Hiroshima

INILAHCOM, Hiroshima - Jepang memperingati 72 tahun bom atom Hiroshima yang mengakhiri Perang Dunia Kedua pada hari Minggu (6/8/2017).

Pada acara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara dalam upacara tahunan di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di dekat pusat jatuhnya bom.

"Di kota Hiroshima ini, sekali lagi saya berjanji akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan dunia bebas nuklir dan perdamaian abadi. Dan, saya juga berdoa untuk kedamaian para korban bom atom dan keluarga mereka, yang hadir di sini dan juga seluruh penduduk Hiroshima," ujar Abe seperti dilaporkan VOA.

Walikota Hiroshima Kazumi Matsui mengatakan, "Selama ada senjata nuklir dan para penyusun kebijakan mengancam akan menggunakannya, kengerian yang dialami para korban bom Hiroshima dapat kita alami setiap saat."

Ia menambahkan, "Dengan tulus saya berdoa untuk para korban bom atom, dan bersama warga di seluruh dunia saya berjanji untuk berusaha sekuat tenaga menghapus senjata nuklir yang begitu mengerikan, dan untuk mencapai perdamaian dunia."

Diketahui, AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima pada hari-hari terakhir Perang Dunia II, menewaskan sekitar 140 ribu orang, seketika atau segera sesudahnya akibat radiasi.

AS juga menjatuhkan satu lagi bom atom di kota pelabuhan Nagasaki tiga hari kemudian, menewaskan sekitar 70 ribu orang.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jepang Peringati 72 Tahun Bom Hiroshima : http://ini.la/2396257

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jepang Peringati 72 Tahun Bom Hiroshima"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.