Search

Kickboxing Makan Korban Lagi

INILAHCOM, Bangkok--Kickboxing kembali memakan korban di Thailand, setelah petinju belia berusia 13 tahun Anucha Kochana meninggal akibat pendarahan pada otak, dua hari setelah berlaga dalam partai amal. Kali ini seorang anak berusia 13 tahun Anucha Thasako, menghembuskan nafas terakhir setelah dipukul jatuh di atas ring dalam pertandingan pada 11 November lalu

Thasako mengalami pendarahan otak dan kemudian meninggal dunia. Lawan yang menjatuhkannya juga masih belia, berusia 14 tahun.

Kasus ini memicu sejumlah kalangan mendesak pemerintah menerapkan pengetatan atas olahraga ini.

Mereka meminta usia minimal untuk pertandingan adu jotos ini 18 tahun.

Bahkan para penggemar kickboxing pun melempar wacana untuk tidak lagi melibatkan anak-anak kecil.

Diperkirakan terdapat setidaknya 10.000 anak yang menekuni olahraga ini di seluruh Thailand dan mereka bertanding secara reguler.

Thasako sendiri sudah 170 kali naik ring sebelum meninggal dunia.

Di Thailand sebenarnya sudah ada peraturan teknis tentang pertandingan kickboxing atau yang juga dikenal dengan Muay Thai ini. Sayangnya ada banyak celah di peraturan tersebut.

"Jika sistem peraturan yang ada dicermati, ada celah hukum yang membuat anak-anak bisa dilibatkan dalam olahraga ini," kata Preeyakorn Rattanasuwan, perempuan yang berprofesi sebagai promotor tinju.

"Peraturan tidak secara jelas mengatur tentang periode rehabilitasi setelah turun bertanding. Demikian juga soal pendaftaran petinju yang tidak diatur secara terperinci," kata Rattanasuwan.

Tewasnya Thasako sendiri mendorong Badan PBB, UNICEF, menyerukan pemerintah Thailand untuk melindungi anak-anak dari olahraga ini.

"Kita harus melihat mereka sebagai anak-anak, bukan sebagai petinju," kata UNICEF Thailand melalui Twitter.

"Kepada pihak keluarga, UNICEF berbela sungkawa atas kepergiannya. Kami mendesak pihak berwenang untuk menyusun regulasi yang bisa memberikan perlindungan maksimal kepada anak-anak," kata UNICEF.[bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kickboxing Makan Korban Lagi : https://ift.tt/2BeT8sF

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kickboxing Makan Korban Lagi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.