Search

Kebijakan Trump, 2.000 Anak Terpisah dari Keluarga

INILAHCOM, Washington DC--Hampir 2.000 anak-anak migran dipisahkan dari keluarga mereka di perbatasan AS selama enam minggu. Demikian BBC, Sabtu (16/6/2018) mengutip petugas.

Menyusul tindakan keras pemerintahan Presiden AS Donald Trump terhadap penyeberangan perbatasan ilegal dari Meksiko, petugas menahan orang dewasa, yang berarti anak-anak yang pergi dengan mereka dipisahkan dari mereka.

Masalah ini menyebabkan badai politik yang berkembang di AS.

Pada hari Kamis, Jaksa Agung Jeff Sessions mengutip Alkitab untuk membela pendekatan "tanpa toleransi" itu.

Ini berarti bahwa mereka yang memasuki AS secara tidak teratur dituntut secara kriminal.

Kebijakan yang sebelumnya menindak mereka yang menyeberang untuk pertama kalinya dengan pelanggaran ringan.

Ketika orang dewasa dituduh melakukan kejahatan dan ditahan, anak-anak yang bepergian bersama mereka dipisahkan dan digolongkan sebagai anak di bawah umur yang tidak didampingi.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS menunjukkan bahwa 1.995 anak-anak dipisahkan dari 1.940 orang dewasa yang ditahan antara 19 April dan 31 Mei lalu.

Tidak ada informasi mengenai usia anak-anak itu.

Mereka diserahkan ke perawatan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, dipindahkan ke fasilitas penahanan atau pengasuhan pemerintah sementara para petugas berusaha menyelesaikan kasus mereka.

PBB telah meminta AS untuk segera menghentikan pemisahan keluarga itu.

Jeff Sessions mengatakan, memiliki anak tidak akan melindungi para migran yang melintasi perbatasan dari penuntutan.

Jaksa Agung itu mengutip satu ayat dari Surat Paulus kepada orang-orang Romawi untuk mematuhi hukum pemerintah.

Kritik mengatakan bahwa ayat itu digunakan untuk menjustifikasi perbudakan.

Kebijakan administrasi Trump didukung oleh beberapa anggota Republikan, tetapi yang lain menyatakan keprihatinan.

Berbicara kepada wartawan pada hari Kamis (14/6/2018), Pemimpin Parlemen AS Paul Ryan, anggota Republikan dengan posisi tertinggi di Kongres, mengatakan dia tidak nyaman dengan taktik itu.

Minggu ini, Republikan mengajukan rancangan undang-undang imigrasi yang akan mengakhiri pemisahan anak-anak dan orang tua di perbatasan.

Di bawah rencana itu, keluarga akan ditahan bersama.

Juga dalam proposal adalah ketentuan untuk melindungi 1,8 juta anak yang dilindungi Daca yang disebut dengan 'Dreamers', menghilangkan lotere Green card, dan menambahkan US$25 miliar (Rp350 triliun) untuk keamanan perbatasan.

Rancangan UU itu, kompromi antara moderat dan konservatif, diharapkan dapat dibawa ke parlemen pada minggu depan. Begitu juga rancangan UU lain yang lebih keras.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Jumat dia tidak akan menandatangani rancangan kompromi itu, meskipun para anggota parlemen dari partai Republikan mengatakan bahwa ia mendukungnya.

Pernyataannya membuat kekacauan di antara para legislator di Capitol Hill, tetapi Gedung Putih kemudian mengatakan presiden telah salah bicara dan dia akan mendukung kedua langkah itu.

Pemerintahan Trump mengatakan telah memilih sebuah tempat di Texas untuk menampung anak-anak migran di tenda-tenda. [bbc/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kebijakan Trump, 2.000 Anak Terpisah dari Keluarga : https://ift.tt/2JODGoH

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kebijakan Trump, 2.000 Anak Terpisah dari Keluarga"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.