Search

Korut Lenyapkan Nuklirnya, AS Jamin Keamanan

INILAHCOM, Washington--Menteri Luar Negeri Amerika Mike (AS) Pompeo mengatakan jika Korea Utara setuju melenyapkan seluruh nuklirnya, AS bersedia "memberi jaminan keamanan" bagi pemerintah Pyongyang dan mengizinkan investasi perusahaan swasta AS untuk membantu pembangunan jaringan transmisi listrik yang sangat tidak memadai di negara itu.

"Kita jelas akan memberi jaminan keamanan," kata diplomat tertinggi AS itu kepada FoxNews. "Ini adalah pertukaran yang sudah tertunda selama 25 tahun."

Ia mengatakan sebelum Presiden Donald Trump, "tidak ada presiden AS yang pernah menempatkan AS dalam kedudukan dimana pemimpin Korea Utara menganggap bahwa ini benar-benar mungkin; bahwa AS benar-benar akan melakukan ini, yang mengarah ke keadaan dimana AS tidak lagi menghadapi ancaman rezim Korea Utara. Itulah tujuan kita."

Setelah bertemu dua kali dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Pyongyang, Pompeo mengatakan ia yakin bahwa Kim "mempunyai persamaan tujuan dengan rakyat AS".

Pompeo mengatakan sasaran pertemuan puncak 12 Juni antara Kim dan Trump di Singapura adalah untuk menetapkan tanda-tanda dimana tahap denuklirisasi dan jaminan keamanan dapat dirundingkan dan dirampungkan.

Ia mengatakan kalau itu tercapai, AS akan mengizinkan sektor swasta AS membantu pembangunan jaringan transmisi listrik di Korea Utara yang membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar. [voa/lat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Korut Lenyapkan Nuklirnya, AS Jamin Keamanan : https://ift.tt/2wMfkdt

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korut Lenyapkan Nuklirnya, AS Jamin Keamanan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.