Search

Separatis Ukraina Dirikan Republik Rakyat Donetsk

INILAHCOM, Kiev - Kelompok separatis Ukraina memproklamasikan diri dan membentuk negara baru bernama Republik Rakyat Donetsk, DNR.

Deutsche Welle mengabarkan, pemimpin kelompok separatis Alexander Zakharchenko mengumumkan proklamasi lahirnya DNR, Selasa (18/7/2017). Dalam pernyataan resminya yang diedarkan Kantor Berita Donetsk, Alexander menyatakan negara baru itu bukan hanya terdiri dari Crimea, tetapi juga seluruh kawasan Ukraina. Dalam pernyataan itu, Ibukota Kiev akan diubah menjadi pusat kebudayaan Ukraina, dan ibukota baru didirikan di Luhansk.

Tak cuma itu. Kelompok separatis pro-Rusia itu hendak mengganti Republik Ukraina dengan Republik Rakyat Donetsk, DNR, lewat sebuah referendum. Intinya meminta persetujuan rakyat Ukraina untuk mengubah Ukraina dengan nama Malorossiya atau 'Little Russia'.

Dalam pernyataanya, Alexander Zakharchenko menyatakan "Para wakil DNR sepakat membentuk pemerintahan baru, menggantikan Pemerintahan Ukraina," katanya. "Pemerintahan Ukraina kami anggap sebagai pemerintahan gagal dan tidak mampu menciptakan kedamaian dan kemakmuran bagi warganya," kata Alexander Zakharchenko.

Pemerintah Ukraina pimpinan Presiden Petro Poroshenko mengimbau warganya agar tetap bersatu. Jurubicara Pemerintah Federal Ukraina menyebut "Maklumat Alexander Zakharchenko yang mengatas namakan rakyat Ukraina tidak sah. Kami minta Pemerintah Rusia segera mengutuk langkah itu dan tidak mengakui upaya tersebut," katanya.

Sementara itu, Yevgen Marchuk, juru runding antara Ukraina dan Donetsk mengkhawatirkan "Langkah pemimpin separatis Ukraina itu akan membatalkan seluruh negosiasi yang telah dilakukan," katanya.

Belum ada tanggapan resmi dari Pemerintahan Rusia, yang mendukung kelompok separatis Donetsk itu. Proklamasi Republik Rakyat Donetsk itu diumumkan bersamaan dengan jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17. Pesawat milik Malaysia tersebut diduga keras ditembak jatuh oleh kelompok separatis Donetsk pada 17 Juli 2014, sehingga 298 penumpangnya tewas.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Separatis Ukraina Dirikan Republik Rakyat Donetsk : http://ini.la/2391957

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Separatis Ukraina Dirikan Republik Rakyat Donetsk"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.