Search

Putin Usir 755 Staf Diplomat AS dari Rusia

INILAHCOM, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pengusiran 755 staf diplomat AS setelah Washington menerapkan rangkaian sanksi terhadap Moskow.

Keputusan pengusiran sejatinya telah dirilis pada Jumat lalu (28/7/2017), namun kemudian Putin menegaskan ke-755 orang itu harus sudah angkat kaki dari Rusia pada 1 September mendatang.

Kepada stasiun televisi Rusia, Putin mengatakan bahwa lebih dari 1.000 orang telah bekerja dan masih bekerja di kedutaan dan konsulat-konsulat AS dan 755 orang di antaranya harus menghentikan aktivitas mereka di Rusia.

Putin mengaku tak ingin menerapkan sanksi lanjutan, namun di sisi lain dia mengatakan tidak melihat hubungan kedua negara 'berubah dalam waktu dekat'.

BBC melaporkan, pengusiran 755 staf diplomat AS dari Rusia boleh jadi merupakan pengusiran dalam jumlah terbesar dari suatu negara dalam sejarah modern.

Ratusan orang itu meliputi staf diplomat dari berbagai kawasan di Rusia. Selain para staf kedutaan di Moskow, personel yang terdampak mencakup staf konsulat di Ekaterinburg, Vladivostok, dan St Petersburg.

Pemerintah AS menilai tindakan Rusia 'disayangkan dan aksi yang tidak perlu'.

"Kami tengah meninjau dampak pembatasan tersebut dan bagaimana kami akan meresponsnya," ujar seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS.

Pada Kamis lalu (27/7/2017), Senat AS sepakat menjatuhkan rangkaian sanksi terhadap Rusia. Rangkaian sanksi terhadap Rusia dirancang sewaktu Barack Obama masih menjabat presiden AS. Saat itu, sanksi-sanksi tersebut didesain sebagai hukuman atas aksi Rusia menganeksasi Krimea dari Ukraina pada 2014.

Wujud sanksi tersebut beragam, antara lain pembekuan aset sejumlah petinggi pemerintah Rusia serta pembatasan pada industri minyak Rusia, sektor keuangan, teknologi, dan persenjataan.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Putin Usir 755 Staf Diplomat AS dari Rusia : http://ini.la/2394825

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Putin Usir 755 Staf Diplomat AS dari Rusia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.