Search

Serapan Anggaran PEN Baru 25%, Ekonomi Kuartal III Bisa Selamat? - detikFinance

Jakarta -

Realisasi anggaran program pemulihan ekonomi nasional (PEN) masih jauh dari angka 100%. Per 19 Agustus 2020, realisasi baru mencapai Rp 174,79 triliun atau 25,1% dari pagu anggaran Rp 695,2 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyadari sangat berat mengejar pertumbuhan ekonomi yang positif apabila pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 hanya berasal dari belanja pemerintah saja.

"Kita masih terus melakukan (pemulihan ekonomi), kan masih ada 1,5 bulan untuk kuartal III-2020. Tapi memang kalau tanpa recovery dari sisi konsumsi dan investasi, kalau hanya government saja agak berat juga untuk bisa memulihkan seluruhnya," kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Senin (24/8/2020).

"Jadi dalam hal ini semua mesin pertumbuhan juga harus pulih, nggak cuma dari pemerintah saja. Makanya kita coba dari konsumsi dan investasi bisa pulih lagi," tambahnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut akan mendorong belanja setiap kementerian/lembaga (K/L). Dengan begitu setidaknya akan menggerakkan perekonomian.

"Beberapa kementerian kemarin sudah meningkat untuk akselerasinya pada minggu terakhir kemarin ini. Jadi sekarang para menteri betul-betul memberikan perhatian terhadap belanja mereka. Jadi mereka punya rencana penggunaan dananya, kita lihat apakah terealisasi setiap minggu kita juga sampaikan kepada seluruh menteri dan menkonya kalau terjadi jadwal yang meleset, jadi bisa dilakukan koreksi yang lebih cepat," tuturnya.

Pemerintah akan menerapkan re-programming atau mengalihkan anggaran aktivitas di setiap K/L yang sifatnya tidak penting menjadi langsung bisa dirasakan oleh masyarakat seperti program padat karya.

"Yang tadinya untuk kegiatan diklat atau aktivitas, tapi karena ada COVID sekarang sifatnya bisa pake zoom dan anggarannya nggak terserap, maka dia bisa saja diubah jadi padat karya yang langsung diubah untuk masyarakat. Itu kan berubah sama sekali. Itu biasanya harus dilakukan dengan bicara dengan DPR dan DIPA-nya harus disesuaikan," terangnya.

Meski begitu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tidak mau memperkirakan berapa realisasi yang akan diserap pemerintah dari program PEN dan hubungannya dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020.

"Kita tetap mengikuti yang ada di dalam rencana pencairan penggunaan dananya mereka. Itu saja. Jadi saya tidak memperkirakan berapa persen. Tapi kayaknya dengan akselerasi, kita berharap pada minggu kedua ini dan pada September akan diakslerasi," tandasnya.

Simak Video "Jokowi Ingin Pertumbuhan Ekonomi Terjaga, Jangan Sampai Minus"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
August 24, 2020 at 08:30PM
https://ift.tt/2Yyy2R3

Serapan Anggaran PEN Baru 25%, Ekonomi Kuartal III Bisa Selamat? - detikFinance
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serapan Anggaran PEN Baru 25%, Ekonomi Kuartal III Bisa Selamat? - detikFinance"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.