Search

Negara Adi Daya AS Resesi, Ekonomi Indonesia Selamat? - Okezone Economy

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) masuk ke jurang resesi dengan perekonomian terkontraksi hingga 32,9% pada kuartal II-2020. Sebelumnya, pada kuartal I tahun ini pertumbuhan ekonominya juga minus 5%.

Kondisi ini menempatkan AS ke ekonomi terburuk sejak 1947 resesi ekonomi ini terjadi setelah penyumbang utama ekonomi AS yaitu konsumsi rumah tangga merosot 34,6% secara tahunan.

Ekonom Center of Reform on Economics (Core Indonesia) Piter Abdullah menilai, resesi ekonomi Amerika Serikat sudah dapat diproyeksikan. Hal itu karena perdagangan ekspor dan impor yang menjadi negara mitra AS mengalami penurunan secara drastis.

Baca Juga: Amerika Resesi, Capital Outflow Bayangi Pasar Modal

"Proses resesinya sendiri sudah berlangsung sejak awal tahun 2020 ini, itu sudah dapat dioperasikan sejak awal saat pandemi Covid-19," ujar Piter, Sabtu (1/8/2020).

Meski begitu, dia menegaskan bahwa resesi ekonomi Negara Adidaya tidak akan berdampak signifikan kepada Indonesia. Kontraksi ekonomi AS hanya akan berdampak signifikan terhadap negara-negara yang bergantung pada ekspor. Bahkan, kata dia negara-negara tersebut hanya menunggu waktu kapan resesi akan terjadi.

Baca Juga: Resesi! Ekonomi AS Anjlok 32% Terburuk Sepanjang Sejarah

Sementara Indonesia, secara instrument perekonomian tidak bergantung pada ekspor. Sehingga kekhawatiran dampak resesi di AS dan banyak negara tidak akan membuat buruk perekonomian Indonesia.

"Memang negara-negara tertentu yang sangat bergantung kepada ekspor akan terseret lebih dalam karena selain terjadi wabah di domestik, ekspornya juga turun karena penurunan ekonomi global. Tapi, Indonesia bukan negara seperti itu. Kita tidak bergantung Ekspor. Jadi resesi di AS dan di banyak negara lainnya tidak akan menambah buruk perekonomian Indonesia," ujarnya.

Peter menyebut, dampak resesi di berbagai negara termasuk AS sebenarnya sudah dirasakan di Indonesia. Di mana, ekspor Indonesia sudah menurun dan karena itu tidak akan berdampak lebih besar lagi.

"Perekonomian kita sudah terkontraksi, khususnya oleh karena wabah yang menyebabkan konsumsi dan investasi kita menurun," kata Peter.

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
August 01, 2020 at 12:22PM
https://ift.tt/2XgQX2c

Negara Adi Daya AS Resesi, Ekonomi Indonesia Selamat? - Okezone Economy
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Negara Adi Daya AS Resesi, Ekonomi Indonesia Selamat? - Okezone Economy"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.