Search

RI Masih Bisa Selamat dari Jurang Resesi, Ini Buktinya - detikFinance

Jakarta -

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyatakan Indonesia masih bisa selamat dari ancaman resesi ekonomi, yang kini sudah menerpa sejumlah negara.

Ancaman resesi bisa dihindari oleh Indonesia berpegang pada penerimaan pajak yang dianggap mulai membaik. Sebab akumulasi hingga Mei, penerimaan pajak disebut minus 15%. Lalu membaik menjadi minus 12% hingga Juni dan hingga akhir tahun diproyeksikan minus 10%.

"Nah ini membuat kita sedikit lebih optimistis bahwa walaupun pertumbuhan ekonomi Q2 (kuartal II) akan negatif, kita untuk mengejar ke arah positif di Q3 itu peluangnya makin besar, demikian juga untuk Q4," kata dia dalam sebuah webinar, Jumat (24/7/2020).

Menurutnya membaiknya penerimaan pajak sebagai tanda bahwa aktivitas perekonomian mulai bergerak. Sedangkan sebelumnya terganggu oleh pandemi COVID-19.

"Jadi kalau kelihatan penerimaan perpajakannya tertekan berarti perekonomian lagi tertekan, kalau perpajakannya mulai rebound (bergerak naik) berarti itu menunjukkan perekonomiannya mulai rebound," sebutnya.

Dia menjelaskan pemerintah terus berupaya agar ekonomi Indonesia tidak sampai resesi di 2020.

Sementara ekonomi Indonesia pada kuartal II pun sangat diyakini bakal negatif. Jadi, syarat agar Indonesia tidak resesi adalah menjaga ekonomi di kuartal III tidak negatif. Sebab jika minus dua kuartal berturut-turut dipastikan resesi.

Di sisi lain, dia menyebut Indonesia walaupun sangat tertekan dengan segala tantangan yang dihadapi tapi relatif lebih tahan banting dibandingkan negara lain.

"Saat ini kita masih punya peluang untuk tidak masuk ke dalam resesi. Kalaupun resesi harapannya mungkin tidak terlalu dalam mungkin sekitar berada di sekitar 0% dan kalau lebih kecil dari itu mungkin sedikit di bawah 0%," tambahnya.

Simak Video "Bahu Membahu Selebriti-Petani di Korsel Hadapi Krisis Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)

Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
July 24, 2020 at 11:48AM
https://ift.tt/3eXMzLm

RI Masih Bisa Selamat dari Jurang Resesi, Ini Buktinya - detikFinance
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RI Masih Bisa Selamat dari Jurang Resesi, Ini Buktinya - detikFinance"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.