Search

15 Ucapan Selamat Buka Puasa Ramadhan 1441 H, Cocok Dibagi di Medsosmu - Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Saat waktu buka puasa Ramadhan 1441H tiba, tak ada salahnya menyampaikan ucapan buka puasa kepada keluarga atau teman. 

Ucapan selamat buka puasa itu sebagai bentuk apresiasi setelah sehari penuh berpuasa dalam melawan hawa nafsu. 

Diketahui, bulan Ramadhan ini untuk kesekian kalinya umat melatih dan menempa lahir batin untuk senantiasa disiplin dalam segala hal, baik hubungan kepada Allah SWT dan kepada manusia.

Dilansir Tribunjogja.com dari imasislam.kemenag.go.id, Puasa adalah menahan makan dan minum dimulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari pada waktu masuknya sholat maghrib.

Pada waktu berpuasa ini seorang yang berpuasa (Shaim) dilarang untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa.

Baca: Jadwal Buka Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadhan 1441 H, Bersumber dari Hadist Shahih

Misalnya makan, minum, berhubungan suami istri di siang ramadhan, muntah dengan sengaja, atau memasukkan semua barang-barang baik benda cair atau padat ke dalam lobang-lobang yang ada di tubuh si shaim.

Hal ini dapar dipahami bahwa seorang yang berpuasa harus menahan kebutuhan yang sifatnya Phisik-Biologis (jasadiyah atau jasmaniyah).

Selain itu ditambah lagi dengan larangan-larangan yang lain seperti berkata-kata kotor, berbohong (penipuan), sumpah palsu, melihat orang lain dengan syahwat, melakukan adu domba, menggunjing orang lain ataudisebut dengan perilaku psikologis manusia.

Artinya dari beberapa larangan yang harus dihindari orang yang berpuasa, sebenarnya manusia diharapkan dapat mengendalikan kebutuhannya sebagai energi pemasok syahwat yang paling utama.

Puasa Ramadan dari aspek ini merupakan pengendalian diri dari hegemoni nafsu syahwat dan pemisahan diri dari kebiasaan buruk dan maksiat, sehingga memudahkan bagi seorang hamba untuk menerima pancaran cahaya ilahiyah.

Baca: Salah Kaprah Berbuka dengan yang Manis, Ahli Gizi Anjurkan Begini Baiknya Membatalkan Puasa

Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
April 24, 2020 at 04:47PM
https://ift.tt/3eMDDto

15 Ucapan Selamat Buka Puasa Ramadhan 1441 H, Cocok Dibagi di Medsosmu - Tribunnews.com
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "15 Ucapan Selamat Buka Puasa Ramadhan 1441 H, Cocok Dibagi di Medsosmu - Tribunnews.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.