Search

Jenguk Nelayan Prigi yang Selamat Dalam Insiden Pantai Gladak, Bupati Trenggalek Ingatkan Soal BPJS - Tribun Mataraman

TRIBUNMATARAMAN.COM - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjenguk nelayan Kecamatan Watulimo yang selamat dari kecelakaan laut (Laka Laut) di pantai Gladak, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Selasa (8/8/2023).

Mas Ipin, sapaan akrabnya mendengar langsung cerita dari nelayan mulai dari berangkat, saat kejadian kapal terbalik, hingga proses evakuasi.

Dari situ, ia menemukan hal yang perlu dievaluasi, salah satunya adalah banyak nelayan yang belum tergabung KUB (kelompok usaha bersama) nelayan.

Baca juga: Cerita 2 Nelayan Prigi Trenggalek yang Selamat Setelah Digulung Ombak di Pantai Gladak Tulungagung

Hal tersebut akan mempunyai dampak yang panjang salah satunya adalah banyak nelayan yang tidak mempunyai BPJS Ketenagakerjaan.

"Sudah kita dorong untuk urus, tapi seperti belum butuh. Jadi ini juga masih menjadi PR. Di sini teman teman HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) dan nelayan sudah punya MOU dengan bekerjasama setiap tahun," kata Mas Ipin yang juga Ketua HNSI Jatim ini, Selasa (8/8/2023).

Program tersebut mendapatkan antusias yang tinggi dari nelayan di Jawa Timur dilihat dari banyaknya jumlah nelayan yang mendaftar dan akan digencarkan salah satunya di Trenggalek.

Laka Laut tersebut diharapkan Mas Ipin juga membuka kesadaran para nelayan, pentingnya melindungi diri sendiri apalagi saat melaut yang dihadapkan dengan risiko yang besar.

"Mungkin sekarang cideranya kategori ringan sehingga biaya pengobatan mungkin tidak banyak. Namun bila nanti dihadapkan dengan fatalitas dan pengobatan yang tinggi kan kasihan mereka. Sudah tidak dapat ikan ditambah harus menanggung biaya berobat," tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Untuk itu, Mas Ipin berupaya untuk menguruskan langsung BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan yang belum mendaftar .

Sebagai insentifnya, pihaknya hanya mengcover premi selama 3 atau 4 bulan awal.

"Selebihnya kesadaran mereka. Toh itu sebulan Rp 16.800, kalau dibandingkan dari hasil ikan tentu tidak seberapa dengan risiko yang ditanggung," jelas suami Novita Hardini ini.

Dalam kesempatan itu, Mas Ipin juga menyayangkan banyaknya nelayan yang jarang memakai pelampung saat melaut dengan alasan kurang nyaman.

"Karena pelampung yang berupa rompi menurut nelayan tidak bisa cepat. Terus buat angkat ikan kadang juga tidak enak," jelas Mas . 

"Makanya tadi saya bilang ke BPBD dan juga Kepala Dinas Perikanan untuk mencari pelampung yang seperti sabuk. Itu untuk mobilitas di laut lebih gampang," pungkasnya.

(sofyan arif candra/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
August 08, 2023 at 09:47PM
https://ift.tt/YF1bXWR

Jenguk Nelayan Prigi yang Selamat Dalam Insiden Pantai Gladak, Bupati Trenggalek Ingatkan Soal BPJS - Tribun Mataraman
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/aX9jNWb
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenguk Nelayan Prigi yang Selamat Dalam Insiden Pantai Gladak, Bupati Trenggalek Ingatkan Soal BPJS - Tribun Mataraman"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.