Search

Jokowi: Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Seluruh Umat Islam - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada umat Islam di seluruh Indonesia, melalui akun media sosial Instagram. Dalam akun media sosial itu Presiden juga menyertakan foto ilustrasi yang menggambarkan hiruk pikuk kegiatan masyarakat di perkotaan menjelang waktu berbuka puasa.

"Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang bulan Ramadhan, bulan penuh rahmat, pahala, dan pengampunan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat Islam," ujar Presiden sebagaimana tertulis dalam keterangan unggahan di akun media sosial Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Rabu (22/3/2023). 

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah melalui tayangan video.

Wapres menyebut Ramadhan bukan hanya untuk menahan haus dan lapar, melainkan juga momentum untuk meningkatkan kualitas diri agar makin baik.

"Ramadhan sudah selayaknya kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri kita, bukan semata menahan lapar dan dahaga," kata Wapres dalam tayangan video ucapan selamat Ramadan 1444 H, yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Wapres juga mengimbau umat Islam untuk dapat meningkatkan rasa syukur atas berkah, nikmat, maupun juga tantangan yang selama ini telah dihadapi.

2 dari 3 halaman

Jokowi: Selamat Hari Raya Nyepi, Semoga Kedamaian Memayungi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2023, tahun baru Saka 1945 kepada umat Hindu Indonesia. Lewat unggahan foto di instagram pribadinya, Jokowi berharap nyepi bisa membawa kedamaian yang selalu memayungi umat.

"Selamat Hari Raya Nyepi 2023," tulis Jokowi dikutip dari akun Instagramnya, Rabu (22/3/2023).

Jokowi mengajak berserah diri dan menghayati hening dan sepi. Ia mengunggah gambar pura dan umat hindu yang berada di pantai.

"Dalam hening dan sepi, kita berserah diri. Semoga kebahagiaan dan kedamaian senantiasa memayungi," tutur Jokowi.

3 dari 3 halaman

Menag Yaqut Ajak Umat Hindu Hindari Politik Identitas

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Hindu menghindari politik identitas di Hari Suci Nyepi 2023 ini. Terlebih menjadikan agama sebagai alat untuk mencapai tujuan politis.

Hal ini disampaikan Menag Yaqut dalam ritual Tawur Agung Kesanga dalam rangka menyambut Tahun Baru Saka 1945 di pelataran Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (21/3/2023).

"Saya mengajak umat Hindu tidak menggunakan agama sebagai alat atau kepentingan pihak-pihak tertentu, dan tidak menjadikan agama sebagai politik identitas," kata Yaqut dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3/2023).

Adapun perayaan Hari Nyepi Nasional 2023 ini mengusung tema 'Melalui Dharma Agama Dan Dharma Negara Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia'.

Yaqut menyimpulkan bahwa tema ini mempunyai arti ajakan kepada umat Hindu untuk menjalankan kewajibannya sebagai umat beragama dan warga negara, termasuk ikut menyukseskan pesta demokrasi 2024.

"Hari suci ini mengisyaratkan untuk mulat sarira dan pengendalian diri. Ini menandakan bahwa kita diingatkan oleh penguasa semesta untuk selalu menjaga perilaku agar tetap terkendali sesuai ajaran agama masing-masing," ucap Menag Yaqut.

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
March 22, 2023 at 08:43PM
https://ift.tt/jEdpf4v

Jokowi: Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Seluruh Umat Islam - Liputan6.com
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/p9DqjFP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi: Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Seluruh Umat Islam - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.